Icon Patung Dewa Siwa Tahap Engneering Detail Desain

sosialisasi pembutan icon patung Dewa Siwa di ruang rapat kantor Camat Nusa Penida (foto/sjd)


NUSA PENIDA, Ide pembuatan icon sebuah patung dititik tertinggi di Nusa Penida yang dicetuskan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta jadi kenyataan. Icon tersebut tidak terlepas dari kearifan lokal Nusa Penida menelisik dari sejarah pulau yang terletak di sebelah tenggara pulau Bali. Titik tertinggi yang dimaksud adalah daerah Pura Puncak Mundi, Desa Klumpu dengan ketinggian 526 meter diatas permukaan laut.

Bila di daerah Badung Selatan iconnya patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), Nusa Penida membangun patung besar Dewa Siwa menghadap ke utara. Pesisir pantai akan terlihat jelas kemegahan patung tersebut. Tidak cukup membangun sebuah patung saja, tempat tersebut akan dijadikan destinasi baru dengan fasilitas penunjang lainya.

Menurut staf ahli Bupati Klungkung I Nyoman Sudipa saat sosialisasi icon tersebut di Nusa Penida mengatakan pembangunan icon pertama tahap sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan pemangku. Hal ini dimaksudkan agar sesuai dengan karekteristik Nusa Penida mengajucu pada babad Noesa. " Tahun depan kita rencana engneering detail desain icon patung Dewa Siwa," katanya.

Diakui Sudipa tidak mudah memutuskan hal ini mengingat bagaimana bentuk yang pas sesuai dengan pakem-pakem atau ciri khas Nusa Penida. Masukan berbagai pihak sanga penting dalam hal ini sebelum deal. Pengerjaannya sendiri tidak melibatkan perupa lokal, karena tidak sembarang membuat patung terbesar tanpa pengalaman.

Masyarakat menyambut antusias pembangunan icon Nusa Penida, Bendesa Bungamekar I Wayan Padu mengatakan sebagau warga Nusa Penida ide sangat brilian perlu dukungan dan masukan mengenai hal ini. Padu berharap pengerjaan jangan melibatkan perupa lokal kerena tidak berpengalaman. Kita butuh perupa yang biasa mengerjakan ini.(*sjd)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.