Nusa Penida Gelar Upacara Ngusaba


Pura Batumedawu gelar Ngusaba Jagad (foto/SJD).


Upacara ngusaba merupakan salah satu upacara besar di Nusa Penida. Upacara ini dilaksanakan setiap tahun sekali yang jatuh pada Purnama kapat yang kebetulan bersamaan dengan Pagerwesi. Pelaksanaan upacara ngusaba secara bergantian dilakukan yang terbagi dua wilayah yakni dauh bantas dan dangin bantas. dauh bantas dilaksanakan di Pura Penataran Ped sementara dangin bantas di Pura Batumedawu. 

Hal ini disampaikan Ketua Panitia I Ketut Rai , Kamis (9/10/2014) mengatakan pelaksanaan upacara ngusaba kali ini berlangsung di Pura Batumedawu yang secara bergilir setiap tahun sekali dilaksanakan. Upacara ngusaba diawali upacara  Nanteb Taring, Mrascita, Medalang Ida Bhatara Pura Batumedahu, Bhatara Turun kabeh & Melasti . Sementara puncak upacara berlangsung Rabu (8/10/2014). Ida Bhatara nyejer selama tiga hari, penyineban berlangsung Minggu (12/10/2014), “ terangnya.

Sementara Mangku Wayan Sugianta mengatakan ngusaba yang diselenggrakan di Pura Batumedahu setiap dua tahun sekali. Sedangkan setipa 5 tahun sekali Upacara Ngusaba Agung. Tujuannya adalah untuk menetralisir alam semesta istilah pemayuh jagad agar jagad tetap ajeg. Yang sesuai dengan ajaran sastra yang dipadukan dengan budaya setempat (desa kala patra), “ tuturnya.

“ Mari kita bersama-sama mengejegan budaya bali tidak hanya dimulut saja namun perlu penerapan secara menyeluruh. Yang tetap berpedoman dengan ajaran weda yang perlu ditelaah dan dilaksanakan serta difikirkan. Namun membicarakan masalah budaya banyak perdebatan tapi yang terpenting budaya tetap berlandasan weda yang sesuai dengan Desa kala Patra. Budaya adalah salah satu bentuk rasa, “ imbuhnya. 

Upacara nyepi segara salah satu rangkain upacara ngusaba yang dimaksudkan disini adalah tidak melakukan aktifitas di laut selama 24 jam. 

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.