Jalan Lingkar di Nusa Penida Didanai 30 Miliar



kemacetan sering terjadi di seputaran Pasar Mentigi mengurangi kemacetan jalan lingkar menjadi solusi (foto/SJD).

 Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)
Infrastruktur di Kecamatan Nusa Penida menjadi polemic , menjawab persoalan itu Pemkab Klungkung baka menganggarkan dana kurang lebih 30 miliar.  “Kita anggarkan kurang lebih segitu (Rp 30 miliar), untuk perbaikan jalan induk di Nusa Penida di tahun 2015,” jelas Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta bersama Kadis Pendapatan dan Aset, Putu Gede Winastra menjelaskan Rp 30 miliar itu akan dibagi menjadi tiga proyek, yaitu pelaksanaan jalan antara Desa Toya Pakeh, Sakti dan Desa Suana. Proyek ke dua adalah di jalan lingkar Lembongan – Jungutbatu dan jalan Lingkar Ceningan. “Anggaran yang diusulkan itu baru kisaran kurang lebih, sedangkan Dinas PU sedang menyusun perencanaannya di Tahun 2014 ini dengan anggaran perubahan. Nantinya di tahun 2015 proyek itu bisa langsung dilaksanakan,” papar Bupati asal Ceningan, Jumat (24/10/2014).

Untuk pelaksanaan jalan nantinya, bahan yang digunakan menggunakan aspal Cool Mix, sehingga pembiayaannya lebih murah dari Hor Mix.


Dialokasikan proyek perbaikan jalan, namun lokasi proyek itu dipecah-pecah menjadi puluhan lokasi. Hal ini membuat pelaksanaan perbaikan jalan terpisah menjadi complang dan tidak satu kesatuan. “Proyek disana dilakukan sepotong-sepotong dari banyak paket, kita inginnya jadi satu paket sehingga pelaksanaannya mudah diawasi dan proyeknya jelas,” papar Suwirta lagi.

Untuk jalan di luar induk di Nusa Penida juga akan mendapat pembenahan setelah jalan induk tersebut selesai dikerjakan.

Untuk rencana jalan Lingkar Nusa Penida menurut Suwirta masih tetap jalan seperti rencana semula, dimana pada Tahun 2014 ini sedang dilakukan pemetaan dan pengukuran lahan yang bakal dijadikan jalan lingkar Nusa Penida. Sedangkan di Tahun 2015 mendatang akan dilaksanakan DED dan pembebasan lahan sehingga di Tahun 2016 pelaksanaan jalan lingkar Nusa Penida sudah bisa dimulai.
“Mengenai anggaran akan kita usulkan ke Pemprov atau Pemerintah Pusat, ini juga untuk memotong mata rantai ketimpangan pembangunan di Klungkung daratan dengan Nusa Penida,” imbuhnya Suwirta.#WL_SJD.

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.