Arus Balik Saraswati Semua Pelabuhan Dipadati Warga




 dari pagi penumpang memadati pelabuhan (foto/SJD)
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Hari Raya Saraswati salah satu hari besar Agama hIndu. Warga perantuan Nusa Penida yang bekerja di Denpasar  maupun disekitasnya pulang kampung untuk merayakan Hari Saraswati.  Banyak paibon maupun pura desa di pelosok Nusa Penida piodalan pas hari Raya Saraswati. 

Semua Pelabuhan pada arus balik disesaki para penumpang yang mau balik ke Denpasar maupun ke Klungkung.  Dari pagi pkl. 06.00 wita semua pelabuhan yang ada di Nusa Penida ramai. Ini terlihat di Pelabuhan Tradisional Sampalan. Membludaknya penumpang Sampan Khusus Penumpang  menambah trik dua kali yang kondisi normal hanya sekali trip.  Keberangkatan pertama di mulai pkl. 06.00 wita sedangkan trip yang kedua pkl. 09.00 wita. Antisipasi kami sudah lakukan guna memperlancar arus keberangkatan , “ ujar Syabandar I Nyoman Muka Wicaksana, Minggu (05/10/2014).

Ramai penumpang juga berimbas pada fast boat keberangkatan yang biasanya pagi hari satu kali , ditambah hingga 4 kali keberangkatan terutama yang jurusan Sampalan , Nusa Penida menuju Tribuana , Kusamba. Sementara jurusan Sanur hanya dua kali trip belum termasuk trip Sore pkl. 15.30 wita, terangnya.

Sementara Ka. UPT. Penyeberangan Nusa Penida I Dewa Gede Swarma Hendra mengatakan ramai penumpang terjadi di nusa penida  saat raya Raya Galungan , Saraswati & Budha Cemeng Klawu sementara hari biasanya berjalan normal. Antisipasi arus balik kali ini, sudah dipersiapak sebelumnya. Petugas disiagakan terumata di bagian tiket. 
Bagi penumpang yang membeli tiket , diharapakan membeli tiket dengan menyerahkan KTP serta STNK guna mengantisipasi praktek calo. Bagi yang belum kebagian tiket diimbau menggunakan angkutan yang lainya. Besok (5/10/2014) KMP Nusa Jaya Abadi melanyani dua trip yang satu trip khusus mengangku BBM , “ terangnya .

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.