Dua Nelayan Lego Jangkar di Manta Point

 nelayan lego jangkar di kawasan Manta Point (foto/SJD)



Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Kawasan Koservasi Perairan Nusa Penida salah satu destinasi bahari yang dimiliki Pemkab Klungkung. Patroli menjadi agenda rutin setiap bulan. Manta point salah satu tempat favorit snorkeling maupun diving. Ikan manta menjadi daya tarik. Kawasan ini dari pagi sudah dipadati speed boat yang berasal dari Tanjung Benua, Sanur dan Padangbay. Sementara lokal Nusa Penida hanya dari Lembongan dan Jungutbatu.

Dalam penyisiran dua nelayan yakni Sakarya dan Bakulan yang berasal dari Tanjung Benua lego jangkar dikawasan Manta Point yang sangat merusak terumbu karang, Senin (20/10/2014).

Bakulan ditegur malah menjawab “ terumbu karangnya tidak apa-apa “ .
Dalam patroli tersebut dipantau langsung Bupati Klungkung yang didampingi Kabab Humas I Wayan Parna Serta Camat Nusa Penida I Ketut Sukla.


 penyisiran KKP Nusa Penida(foto/SJD)
 
Ketua Team Patroli I Nyoman Sangging , SP mengatakan nelayan yang kedapatan lego jangkar di kawasan Manta Point merupakan salah satu tindakan merusak terumbu karang. “ Dan langsung kami perintahkan tarik jangkar dan jauh dari zona 200 m dari bibir pantai “. Dalam pelanggaran tersebut tahap awal dikasi peringatan bila tidak diindahkan serta dilakukan berulang-ulang maka berurusan dengan pihak yang berwenang, “ ujar Ka. UPT. Peternakan , Perikanan dan Kelautan Kec. Nusa Penida.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat patrol langsung beberapa lalau mamantau wilayah pesisir pantai yang telah ditetapkan menjadi daerah KKP Nusa Penida. Patrol ini bertjuan untum memantau situasi perairan serta mengawasi kapal-kapal serta boat yang berlayar di wilayah tersebut agar tidak melakukan aksi mengebom terumbu karang maupun lego jangkar yang sangat dikawatirkan merusak terumbu karang, “ terangnya.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.