Lidah akan tergoyang jika makan jukut Griyan



jukut griyan (jukut-jukut)
 
Setiap daerah pasti punya makanan khas,  salah satunya Nusa Penida . makanan khas Nusa penida yang sudah terkenal ledok. Banyak orang yang awal lihat akan urung untuk menikmatinya tapi sekali mencobak pasti lagi dan lagi. Bukan hanya ledok saja yang menjadi ciri khas makanan Nusa Penida. Jukut griyan “ sayur griyan “ yang terbuat dari singkong yang sudah diawaetkan di lumbung . pengawatan singkong masih tradisional di atas tungku mengnakan asap. 

Hampi sama dengan ledok cuma beda dikit saja. selain singkong juga terdapat sayuran sebagai pelengkap.  Jukut griyan masih belum ada yang kenal , hanya beberapa orang saja hanya dikenal pribumi saja. jukut griyan daerah pesisir Nusa Penida yang menyebutnya sementara dearah perbukitan dikenal dengan nama jukut-jukut. Makanan yang penuh gizi dan protein ini menjadikan menu pembuka jelang makan siang. Lebih asyik dinikmati saat masih panas. Pedas akan terasa di lidah. Pokoknya sekali mencoba pasti ketagihan lagi ,,,, dan lagi. Rasa kangen Nusa penida akan terobati ketika menikmati makanan khas ini.

Cara buatnya pun tidak ribet , dirumah pun bisa membuatnya. Berbahan ketela pohon , sayur-sayuran (bayam, komak,daun kayu manis) serta parutan kelapa yang menambah rasa kuah agak kental dikit. Awal pembutan, tuangkan air hingga mendidih . Semua sayuran dibersihkan dengan air. Masukan komak dan ketela pohon hingga empuk. Parutan kepala dicampur dengan sambal langsung dituangkan . kalau ada bayam atau sayuran yang lainya ditungkan terakhir. Hidangkan jukut griyan. Selamat mencoba, “ resep salah satu penjual jukut griyan Jro Made Gelgel.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.