Terbebas Sampah Plastik, Desa Lembongan Olah Sendiri

pengelolaan sampah yang dilakukan Desa Lembongan (foto/arjaya)
Masalah sampah dewasa ini tidak merta dialami daerah perkotaan saja, daerah diluar perkotaan yang sedang berkembang tak luput kena masalah sampah. Destinasi andalan kabupaten Klungkung, Nusa Lembongan volume sampah yang dihasilkan kian meningkat seiring perkembangan pariwisata. Kantong-kantong pembuangan jika tidak disikapin sedini mungkin akan tidak mampu menampung volume sampah.

Sampah plastik khususnya sangat sulit diurai, dari hal tersebut pihak Desa Lembongan melakukan trobosan sampah plastik diolah.

Menurut Perbekel Lembongan I Gede Ketut Arjaya, mengatakan pemberdayaan masyarakat untuk program ini adalah kita berharap agar warga ikut berpartisipasi untuk melakukan pemilahan sampah antara sampah organik dan non organik khususnya sampah plastik begitu juga besi dikumpulkan, selanjutnya akan diambil atau dibeli oleh kelompok yang baru digagas, sehigga secara ekonomis sampah ini akan bisa menjadi sumber penghasilan sekaligus menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan.

"Masalah sampah bisa kita atasi dengan menghadirkan mesin berkapasitas kurang lebih 300 m2 sehari. Dari sanalah secara langsung menciptakan lingkungan bersih dan sehat, sehingga Nusa Lembongan terbebas dari sampah plastik," teranga Arjaya.

Setelah plastik itu diolah atau dicacah, hasil cacahan itu dijemur, kering kemudian dimasukkan dalam karung dan siap distribusikan. Distributor yang mengambil hasil olahan kita kembali diolah menjadi pelet dan dikirim ke beberapa pabrik dilakukan daur ulang untuk dijadikan barang sama.

Program ini baru memulai, ia tidak berani mengatakan ada perubahan terkait dgn keberadaan sampah plastik, tapi punya keyakinan bahwa ada sistim pengolahan sampah plastik seperti ini secara berkelanjutan akan sangat berpengaruh dengan keberadaan sampah plastik, lambat laun sampah plastik pasti akan berkurang dan itu harapan kami untuk mendukung Pariwisata Nusa Penida Berkelanjutan dan semua itu membutuhkan peran serta masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik dan dibawa atau dijual ke pengelola ini.*



Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.