Cara Mengatasi Pariwisata Bali Saat Gunung Agung Awas





 FotoArt I Gede Made surya darma

Pariwisata Bali sedang lesu. Itu disebabkan oleh Gunung Agung yang batuk-batuk. Terjadinya erupsi menyebabkan bandara Ngurah Rai acapkali buka tutup.
Beberapa negara mengeluarkan travel warning. Praktis kunjungan Wisatawan ke Bali anjlok. Penginapan, Restoran dan Transportasi anjlok. Efek multiflier dikhawatirkan segera datang, pengurangan karyawan dan melemahnya daya beli akan menghantam perekonomian Bali secara umum dan khususnya Nusa Penida yang pariwisatanya sedang berkembang. 

Pada situasi itu Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Kota mesti satu persepsi. Saran saya siapkan penanggulangan bencana bila sewaktu-waktu erupsi Gunung Agung dan bandara harus tutup, termasuk penanganan wisatawan yang hendak balik ke negaranya.

Bila penanganan mitigasi Gunung Agung dan wisatawan sudah siap, pemerintah mesti mempromosikan kesiapan itu. Sekali lagi promosikan bahwa Bali aman dikunjungi dan siap terhadap mitigasi bencana serta penanggulangan ketika wisatawan mau kembali ke negaranya.

Ini yang harus dilakukan Pemerintah dan para stake holder, tidak hanya mengatakan Bali aman saja. Karena menurut saya percuma promosi Bali aman kalau psikologi wisatawan masih takut dan tidak tahu bagaimana kalau Bandara tutup, kemana saya harus naik pesawat?

Khusus untuk Nusa Penida, menurut saya disamping dengan diadakannya festival, pemerintah Klungkung mestinya juga mempromosikan bahwa pulau Nusa Penida sangat aman, bahkan bisa dijadikan tempat wisata untuk menyaksikan meletusnya gunung Agung. Buatkan video, informasikan alternatif akses masuk dan keluar nusa penida dan tunjukkan bahwa Nusa Penida merupakan pulau di pulau Bali yang memiliki keindahan luar biasa yang sangat aman dikunjungi meski Gunung Agung terjadi erupsi.

Oleh : I Putu Gede Sukawidana
Pelaku Pariwisata


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.