Nanoe Biroe : Perkembangan Nusa Penida Jangan Tinggalkan Tatanan Sosial

Nanoe Biroe saat tampil di Batumulapan 

Kecantikan pulau sebelah tenggara Bali tidak diragunakan lagi, sekarang wisatawan mengangrungi berbagai destinasi yang ada salah satunya Angel Billabong, Pasih Uug dan masih banyak lagi objek menarik. Sebelum berkembang seperti ini, Nusa Penida lebih dulu dikenal sebagai objek wisata relegi. Perkembanganlah memicu pulau yang dimiliki secara administrasi Kabupaten Klungkung berbenah menyambut kedatangan pelancong. Akomodasi tumbuh berbagai tempat memberikan pelayanan yang terbaik.

Musisi Bali yang dikenal dengan rambut gimbal, Nanoe Biroe menceritakan pada awal manggung tahun 2005 silam, dimana pulau ini masih sepi bisa dikatakan jarang ditemui wisatawan asing.

Setiap mangggung ia menyempatkan sembahyang di Pura Pentaran Ped, Nonoe Biroe berpendapat Nusa Penida banyak kemajuan terutama pembangunan berbagai sektor. Transfortasi khususnya sudah jauh lebih baik lebih cepat dan nyaman. Tatkala menyeberang dari Sanur ia berbarengan dengan wisatawan menikmati pesona serpihan surga Bali lainya.

Perubahan adalah tidak bisa dihindari karena perubahan itu mutlak, tapi tatanan sosial masyarakat yang sudah terbentuk jangan sampai mengikuti arus. Korelasi tatanan sosial dengan pariwisata berjalin mesra tentunya dibarengi kebudayaan lokal, " pintanya Nanoe Biroe disela-sela manggung di Batumulapan.
Pariketat menyame " persaudaraan " jangan sampai dibenturkan pada hal yang sepele sebaliknya dibangkitkan rasa menyame ditengah gempuran kemajuan pariwisata.


Perbedaan terjadi seperti klise lukisan dimana semua unsur dimasukan sehingga tercipta keharmonisasi warna yang anggun. Seperti hal sepatu yang saya pakai, warna yang beda " nyanglir ". Nyeleneh memang, tetapi saya pakian model begini memberikan makna perbedaan sebagai harmonisasi keseimbangan "rwebhineda ". *
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.