Soundtrack Nusa Penida Festival, Vibrasi Perdamaian





NUSA PENIDA,Nusa Penida damai. Demikian sebuah judul lagu yang menjadi soundtrack Nusa Penida Festival 2015. Lagu yang dinyanyikan Laras J. Suarma ini mengalun lembut diiring dengan gesekan biola Aya J. Suarma sang kakak yang berasal dari Desa Batumadeg, Nusa Penida.

 Lagu dengan nada pelan diawal lagu selanjutnya terdengar makin semangat di reff . Nada semakin menghentak ketika lirik berbahasa Inggris terdengar semakin kencang. 

Menurut I Wayan Sukadana sang pencipta lagu Nusa Penida damai mengatakan bahwa lagu ini bermakna sebuah pesan perdamaian yang digaungkan dari Nusa Penida. 

“ Nusa Penida adalah Pulau yang indah dengan vibrasi spiritual yang mengagumkan. Karenanya Nusa Penida akan memberikan kedamaian bagi siapapun yang datang ke Pulau yang sedang menggeliat pariwisatanya. Melalui lagu Nusa Penida Damai dari Nusa Penida Festival 2015 pesan perdamaian disampaikan kepada masyarakat dunia. Terdengar dari liriknya bersama kita bergandengan tangan, kita adalah keluarga. Dan bumi yang kita pijak adalah rumah bersama”, jelas Sukadana yang berasal dari Dusun Semaya, Nusa Penida ini, Rabu (30/9).

Ketika ditanya digunakannya lagu Nusa Penida Damai menjadi Soundtrack Nusa Penida Festival 2015, Sukadana mengatakan lagu Nusa Penida Damai memiliki pesan kemanusiaan dan perdamaian sehingga panitia Nusa Penida Festival 2015 mengangkatnya sebagai soundtrack.


Dia menambahkan lagu ini menjadi semakin berwarna ketika ada sentuhan etnik suara cak. Namun demikian keuniversalan lagu Nusa Penida Damai semakin terasa ketika liriknya berisi pesan berbahasa Inggris. Ditambah sentuhan biola yang mengharu biru Aya J. Suarma. Ketut Sila sang Arrangger berhasil mengkomposisikan lagu ini memiliki nilai musikalitas yang diminati para pendengar. Sementara itu Laras J. Suarma sang vocalis lagu Nusa Penida Damai Senang sekali bisa menyanyikan lagu tentang tanah Leluhurnya.

 “ Saya sangat senang bisa menyanyikan lagu Nusa Penida Damai. Ini cara kami mencintai Pulau Nusa Penida” ujar Aya yang lama besar di Van Couver Canada ini. 

Pemain Violin Lagu Nusa Penida Damai Aya J. Suarma menambahkan pernyataan sang adik,karenanya kami telah membuat lagu tentang sisi lain Nusa Penida dalam bahasa Inggris yg akan segera di launching bulan depan.

 “Mudah-mudahan lagu sebagai bahasa universal bisa menumbuhkan kecintaan pada Nusa Penida dan bangga menjadi bagian dari Nusa Penida”,. Dan sebagai kecintaanya terhadap tanah Leluhur, Aya - Laras juga”

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.