Hadapi MEA 2015, Klungkung Siapkan Tenaga Kerjanya di Sertifikasi



Pernyataan Bupati Klungkung itu diungkapkannya dihadapan petinggi Yayasan Pariwisata Indonesia (Yaparindo) yang memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Indonesia, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Tranmigrasi IB. Anom Adnyana dan direktur Perusahaan Daerah Nusa kertha Kosala I Wayan Sukadana di ruang rapat Bupati Klungkung. Nampak hadir dari Yaparindo Direktur LSP Pariwisata Indonesia DR. Ketut Putra Suarthana, MM, I Ketut Sutapa, SE, MM Direktur LSP Usaha dan Gede Wijana manager LSP Pariwisata Indonesia.

 Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Menghadapi MEA 2015, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta merasakan manfaat tes uji kompetensi dan sertifikasi profesi khususnya dibidang Koperasi untuk meningkatkan kompetensi kemampuan tenaga kerja. Terlebih setelah bertemu Badan Nasional Sertifikasi profesi (BNSP) di Jakarta tempo hari, “ saya berkeinginan tenaga kerja di Klungkung untuk bisa di sertifikasi sehingga bisa bersaing dalam dunia kerja apalagi dalam era Masyarakat ekonomi Asean akhir tahun ini", ujarnya, Rabu (16/9/2015.

Menanggapi pernyataan Bupati Klungkung tersebut, I Ketut Putra Suarthana mengatakan bahwa LSP Pariwisata Indonesia yang kategori LSP 3 terkait pariwisata siap untuk mensertifikasi tenaga kerja di Klungkung. "Kami telah mensertifikasi 28 ribu orang tenaga kerja di bidang Pariwisata baik perhotelan, guide, selam, SPA di seluruh Indonesia, dimana 70% nya ada di Bali. Sebagai langkah awal kami buka peluang tenaga kerja di Klungkung di sertifikasi 100 orang dibidang selam, perhotelan dan lainnya. Gratis", ungkap I Ketut Putra.
 
Sementara itu I Ketut Sutapa dalam paparannya menyatakan bahwa kompetensi tenaga kerja ada 3 aspek penilaian yaitu pengetahuan, keterampilan dan pola sikap (attitude). "Sesuai peturan PP no. 52 tahun 2012 semua twnaga kerja harus disertifikasi. Apalagi ada persaiangan MEA 2015 nanti. Dulunyu diawal-awal kami mencari orang untuk disertifikasi susah sekali, sekarang setelah dirasa manfaatnya mulai semakin banyak yang mau disertifikasi baik dari dana bantuan pemerintah maupun mandiri, jelas Ketut Sutapa.

Mendengar peluang 100 orang disertifikasi gratis Bupati suwirta langsung meminta Kadis Sosial tenaga kerja dan transmigrasi menindaklanjuti hal tersebut. "Ini langkah awal yang baik. Kami akan identifikasi siapa yang akan disertifikasi selam dan pariwisata baik di Nusa Penida maupun di Klungkung khususnya masyarakat Klungkung untuk persiapan Hotel di Lepang ", ungkap IB Anom Adnyana.(SJD & yansu)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.