Lembongan Surga Para Selancar



peselancar berpacu dengan ombak meliuk-liuk (foto/lena)
LEMBONGAN, Wisata favorit warga adalah pantai. Tidak bosan-bosannya warga mengexplore keanggunan pantai. Pantai Kuta, Sanur dan Nusa Dua sudah dikenal dikalangan wisdom dan wisman. Padahal, jika keadaan geografis Kecamatan Nusa Penida yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali memiliki pantai eksotik. Nusa Penida terdiri dari tiga pulau , Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Ketiga pulau tersebut cenderung mirip dengan Nusa Dua. Cuacanya lebih kering dan panas.
Kontur daratan perbukitan mendominasi, dan bagain selatan berdiri kokoh tebing sebagai benteng selatan. Di musim hujan, sejauh memandang dari laut akan tersaji warna hijau. Tapi, saat kemarau akan tersaji warna coklat.
Sebagain besar daerah pesisir masyarakat Nusa Penida bertani rumput laut dan nelayan. Masyarakat menggantungkan hidup dari laut. Sementara bagian perbukitan sebagai petani tadah hujan.
Ketiga pulau tersebut, Pulau Lembongan paling dikenal wisatawan. Industry pariwista berkembang dengan pesat. Bagi pecinta selancar, Lembongan dijuluki sebagai pulau surga peselancar.
Baik di mata peselancar lokal maupun manca negara, Lembongan sudah menjadi magnet bagi para penyuka selancar. Magnet tersebut terletak di Desa Jungutbatu dan Ceningan.
Peselancar I Komang Putra Hermawan,  Lembongan sudah terkenal dan sudah bisa menyaingi Kuta atau Sanur dengan keindahan ombaknya untuk bermain surfing. Tapi dari keindahan ombaknya itu, tidak banyak yang tau kalau Lembongan sudah melahirkan Surfer-surfer yang sudah mempunyai nama besar dikancah nasional maupun internasional, “ katanya, Selasa (8/9).
Hermawan yang akrab disapa Pulu sudah menekuni surfing sejak duduk di bangku Sekolah dasar.

Pemuda yang belum genap 23 tahun ini sudah melakoni banyak kompetisi yang melambungkan namanya sebagai salah satu surfer yang diakui di dunia. Beberapa kejuaraan pernah diikutinya diantaranya kejuaraan di Indonesian surfing champion 2010, Indonesian Pro Junior Champion 2010, posisi ke-4 pada kejuaraan dunia gromsearch final Bells Beach Australia, Kejuaraan dunia World Surf League di Pantai Keramas Bali 2013, Juara 1 Siargao Internatioanal surfing Cup 2013.

‘’ Dengan melakukan kompetisi di Indonesia atau di luar negeri membuat saya punya banyak pengalaman bertanding sekaligus mempertemukan saya dengan surfer top dunia” ujar pemuda putra asli Pulau Lembongan.

Menurut I Wayan Lena Ketua Lembongan Surf Team mengatakan ombak di Lembongan sangat cocok berselancar. Barel ombak memanjakan peselancar berliuk-liuk diatas ombak. “ kami tiap tahun menggelar kontes selancar, “ ujarnya.

Yuk, kunjungi Nusa Penida !
Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.