Lomba Photography Nusa Penida Festival 2015, Peserta Membludak




NUSA PENIDA, Foto adalah visualisasi dari obyek ataupun peristiwa yang di potret oleh alat yang bernama camera. Karenanya foto sering dikatakan sebagai media yang bisa menjelaskan lebih jelas daripada ribuan kata-kata sekalipun. Karena dari foto bisa secara gamblang menunjukkan keaslian kenyataan yang sesungguhnya pada orang lain, entah baik, buruk, menyedihkan maupun kegembiran terpampang disana.
Sedemikian besar pengaruh photography kepada orang lain sebagai informasi yang detail tentang berbagai kejadian dan obyek, maka media photography sangat lekat dengan dunia advertising (periklanan), informasi, ataupun promosi lainnya. Untuk mempromosikan keindahan alam, keunikan budaya peranan foto sangat besar pengaruhnya.

lomba Photography dalam rangkaian Nusa Penida Festival 2015 dilaksanakan awal September 2015. Sedianya lomba photography ini akan ditutup pada 23 September 2015. Karena 24 September 2015 juri  akan mengakurasi.

Lomba photography dan pameran Nusa Penida Festival 2015 bertemakan bahari sesuai tema Festival. Karenanya karya foto yang dikirim para peserta lomba dibatasi pada hal-hal yang bernuansakan laut. Karena Lomba dan photography tentang promosi pariwisata Nusa Penida, karya foto pun harus menampilkan obyek foto di Nusa Penida.

Para peserta yang sebagian besar berasal dari para photografer yang telah berpengalaman dalam dunia potret memotret, mengirim karyanya ke facebook group Lomba dan Pameran Nusa Penida Festival 2015. Tapi banyak pula dari para photografer pemula yang mencoba menjajal kemampuannya dalam ajang kompetisi ini.

Menurut Komang Diktat selaku koordinator panitia photography Nusa Penida festival 2015 ketika dikonfirmasi, Senin (21/9/2015), terkait perkembangan lomba dan pameran Photography ini mengatakan banyak yang telah mengirim karyannya. "Banyak karya foto yang telah dikirim bagus-bagus. Kami akan memilihnya 15 karya Foto terbaik untuk selanjutnya dipamerkan diruang terbuka di area Nusa Penida Festival 2015 2 s/d 4 Oktober 2015", ujarnya.

Dia  menambahkan, walaupun persiapannya cukup singkat,semua berjalan sesuai rencana. "Walaupun mendadak sejauh ini semua berjalan dengan baik. Kami mengundang komunitas photografer seluruh Bali untuk turut serta. Setelah memilih 15 karya foto terbaik kami akan menyiapkan pamerannya", jelasnya.

“ Usai pameran di festival dilanjutkan saja pameran keruang galeri atau di Bentara Budaya Bali agar bisa masuk kemungkinan "komersil". Atau setidaknya bisa di apresiasi oleh publik luas, “ saran Perupa asal Nusa Penida I Putu Bonuz Sudiana.

Oleh : WS & Santana Ja Dewa


Foto karya Peserta Gede Lama 










Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.