Ngusaba Jagat, Penyeberangan Terhenti 24 Jam

upacara melasti di Segara Pura Penataran Ped rangkain ngusaba jagat (foto/sjd)


  PED, Upacara ngusaba jagat di kecamatan Nusa Penida tahun ini dipusatkan di Pura Penataran Ped. Upacara ini setiap tahun bergilir diselenggarakan di dua Pura, Batumedahu & Penataran Ped. 
“ peranti (persiapan,red) sudah kami lakukan 6 sebelumnya. Secara bergilir para pengempon melaksanakan ngayah. Upacara diawali Ida Bhatara turun kabeh Pura Sad Kahyangan & Pura Kahyangan Tiga bagi pengempon Pura Penataran Ped. Dilanjutkan dengan melasti, memasar, pekelem, dan Ida Bhatara kalinggihang di Bale Agung, “ kata Ketua Panitia Si Nyoman Sukarta, Minggu (26/9).

Puncak karya ngusaba jagat jatuh pada Senin (28/9) rahina purnama sasih kapat, sementara nyejer dari tanggal 28 September- 2 Oktober. 

Setelah puncak upacara besoknya, nyepi segara dimana aktifitas di laut tidak diperbolehkan alias terhenti selama 24 jam. 

Sukarta mengatakan tujuan upacara ini tiada lain keharmonisan antara bhuwana alit dan bhuwana agung dan juga sebagai ungkapan terima kasih terhadap Ida Sang Hyang Widi Wasa atas keberlimpahan alam yang sudah diberikan, “ jelasnya.

Ngusaba jagat dipuput oleh dua sulinggih Ida Pinandita Rsi Agung Dwijaksara dari Gria Ashram Kutampi & Ida Pinandita Mpu Daksa Jaya Dhayana Gria Baledan.

Pelaksanan nyepi segara pihak Dishubmino Klungkung sudah melayang surat ke semua pelabuhan baik di Nusa Penida maupun yang lainnya. Selama 24 jam, dari dan ke Nusa Penida sebaliknya terhenti. Besoknya, aktifitas penyeberangan kembali normal kembali, “ terang Kabib Angkutan Dishubminfo Klungkung I Dewa Made Sutarta.

Oleh : Santana Ja Dewa

 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.