Upacara Keagamaan Unik Di Nusa Penida


tradisi nimpung di Semaya (foto/dok.waklaba)


SUANA, Nusa Penida ternyata masih menyimpan tradisi unik, disamping pemandangan alam yang eksotik. Tradisi ini biasa disebut Nyepi Jagung tepatnya Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida. Nyepi tidak biasa pada umumnya digelar, nyepi jagung merupakan perayaan brata penyepian lokal disekitar Desa Pekraman Semaya saja.

Sebagai perayaan syukur jagung dan tanaman lainnya telah berbuah dengan baik. Layaknya seperti Nyepi pergantian tahun caka, catur brata penyepian pun dilaksanakan. Hanya tidak seketat Nyepi tahun caka.

Bendesa Pakraman Semaya I Ketut Suarna, Minggu (12/2) mengatakan Nyepi Jagung merupakan salah satu kegiatan keagamaan Hindu yang khas di Desa Pekraman Semaya, sebagai suatu rangkaian upacara Don Kayu Samah, Nimpung dan Cicipan.

Nyepi Jagung diadakan sehari setelah purnama Kaulu dan saat itu sebulan setelahnya Ida Bhatara di Kahyangan Tiga di Semaya Beryoga Semadi.

Tidak diperbolehkan masyarakat Desa Pekraman Semaya mengadakan upacara Manusa Yadnya. Karena diyakini bisa mengganggu yoga Semadi Ida Bhatara di Kahyangan Tiga.

Don Kayu Samah adalah perayaan rasa Syukur dengan persembahyangan bersama sebagai rasa syukur karena daun-daun tanaman tumbuh dengan subur (don kayu samah).

Nimpung adalah acara syukur dengan menghaturkan hasil panen dan diadakan acara saling lempar makanan. Biasanya setelah acara Panen Tiba.

Sedang Cicipan acara setelah perayaan Nyepi Jagung yaitu mencicipi hasil tanaman yang telah dikaruniakan Tuhan.

Menariknya walaupun kini di Dusun Semaya kebanyakan sebagai Petani Rumput laut, jagung dan pala gantung sudah jarang ditanam karena serbuan kera yang memakan tanaman warga, Nyepi Jagung, Nimpung, Don Kayu Samah dan Cicipan tetap dilakukan.(*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.