Bedah Desa, Desa Sekartaji Terisolir Telekomunikasi  

Bupati Suwirta memantau langsung kondisi warga di Desa Sekartaji (foto/sjd)

SEKARTAJI, Komunikasi satu dengan lainnya tidak sulit diera sekarang perkembangan sangat membantu lebih mendekatkan walaupun berjauhan. Tidak dengan Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, desa yang terletak diujung selatan sangat kesulitan berkomunikasi hal ini disebabkan belum adanya jaringan seluler. Itupun warga harus keluar dari desa persis di Bukit Teletabies disana warga bisa mendapat akses jaringan, desa yang terdiri dari 6 Dusun, yakni Dusun Sedehing, Ramuan, Sekartaji, Tabuanan, Bungkil dan Dlungdungan yang merupakan desa yang terisolir signal telekomonikasi dan internet alias Blank Spot Teknologi. Warga terganggu bila mana berkomunikasi bahkan menikmati dunia maya. Terpencil dari dunia luar khususnya dunia maya dan telekomunikasi sangat dibutuhkan teknologi era digital oleh masyarakat setempat menikmati manisnya dunia luar seperti desa lainya. Hal ini disampaikan Perbekel Sekartaji I Made Carma saat menerima kunjungan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta rombongan Tim Bedah Desa, Sabtu (18/2) kemarin.

Selain hal itu ia juga mengeluhkan belum maksimalnya akses jalan ke desa maupun jalan lingkungan desa. Semua jalan yang ada belum diaspal bahkan berlubang sehingga menyulitkan transportasi masyarakat. Bahkan anak-anak yang sekolah harus menempuh jarak hingga 2 hingga 3 km dsngan jalan kaki. Selain itu yang kalah pentingnya dan sangat dibutuhkan masyarakat adalah air.

"Inilah yang sangat dirasakan masyarakat Desa Sekartaji, dan kesempatan ini kami mohon bapak Bupati Klungkung, untuk bisa membantu keiingnan masyarakat," kata Carma.

Seperti halnya dengan bedah desa sebelumnya, Bupati Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Putra Mahajaya, Perbekel Sekartaji I Made Carma, para kepala SKPD, para Kepala Dusun dan tokoh masyarakat setempat, menelusuri satu persatu banjar dinas atau dusun yang ada di Desa Sekartaji, untuk mengetahui langsung keadaan dan permasalahan di masing -masing Dusun, baik terkait Infrastruktur, administrasi pemerintahan, pendidikan dan kemiskinan.

Pada Kunjungan kali ini di desa Sekartaji Bupati Nyoman Suwirta mengunjungi beberapa warga miskin dan menyerahkan sejumlah bantuan kepada KK miskin, lansia , Infrastruktur, sarana sekolah dan mengupayakan Air bersih melalui Geo Listrik. Tak lupa Bupati Nyoman Suwirta, untuk KK miskin diberikan bantuan sembako dan Bedah Rumah. Diantaranya bantuan bedah rumah yang diberikan kepada, Ni Made Kartini (25), Ni Nyoman Silib, I Ketut Demdem dan untuk bedah dapur diantaranya I Nyoman Gentos (74), Nyoman perti,(45), Ni Made Kuning dan Wayan Jegjeg (46). Dan bantuan alat dengar kepada I Gede Darsana (40),I Ketut Terim (60) serta bantuan paket sembako juga diserahkan langsung Bupati Nyoman Suwirta kepada para Lansia. Untuk prasarana kesehatan diupayakan penataan halaman Puskesmas Pembantu dan perlengkapan sekolah yang ada di Desa Sekartaji.

Diakhir kunjungan Bupati Nyan Suwirta dalam arahnya menyampaikan kepada seluruh Kepala SKPD yang hadir agar mengawal dan menindaklanjuti usulan-usulan yang disampaikan perbekel maupun para kepala dusun. "Tolong data warganya dengan baik, berdayakan PKK dan bangkitkan Sekaa Teruna yang ada dimasing-masing dusun." pinta Bupati Nyoman Suwirta. Terkait dengan sarana Prasarana Sekolah, diimbau kepada kepala Dinas Pendidikan agar menindaklanjuti usulan dari Sekolah.

Perbekel Sekartaji menyampaikan terima kasih kepada Bupati Klungkung beserta tim karena sudah turun langsung ke desanya serta membantu meringankan beban warga desa kami melalui bantuan langsung maupun yang akan rencanakan. Dirinya berjanji akan terus memantau dan mendata warganya terutama warga miskin yang belum medapatkan bantuan Kesehatan.(*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.