Bullying Bikin Pelajar Trauma Berat

bhabinkamtibmas mensosialisasi tanpa bullying di sekolah (foto/polsek)
NUSA PENIDA, Bullying siswa terhadap temannya berpengaruh pada spikis belum lagi rasa trauma mendalam atas tindakan tersebut. Tindakan harus dicegah sejak awal agar senantiasa menciptakan suasana belajar dan mengajar lebih adem. Polsek Nusa Penida dalam rangka mencegah terjadinya Bullying di sekolah-sekolah Kapolsek Kompol I Ketut Suastika,SH memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas se-kecamatan Nusa Penida untuk menjadi pembina upacara di masing-masing SD yang ada di Desa binaannya, Senin (20/2).
Hal tersebut dilaksanakan untuk melaksanakan program terobosan kreatif Polres Klungkung yaitu Polisi Peduli Anak.
BULLYING merupakan perilaku agresif dan negatif seseorang atau sekelompok orang secara berulang kali dengan menyalahgunakan ketidak seimbangan kekuatanuntuk menyakiti korban secara mental, fisik maupun seksual. Bentuk-bentuk perilaku yang menunjukkan bullying diantaranya, memukul, menampar, memalak, memfitnah, mengancam, mengintimidasi, mengucilkan dll. Dampak yang ditimbulkan akibat bullying bagi pelaku tidak bisa berkonsentrasi belajar karena pikirannya lebih banyak untuk mengincar dan merencanakan tindakan berikutnya.
Bagi korban hal tersebut dapat menurunkan intensitas pergi ke sekolah karena cemas dan takut akan menjadi korban. Bagi saksi takut akan menjadi korban berikutnya dan merasa bersalah karena tidak dapat melakukan apa-apa. Bullying bisa terjadi disebabkan karena beberapa factor salah satu diantaranya yang paling penting adalah adanya anak yang merasa dominan atau memiliki harga diri/konsep diri yang rendah di sekolah dan memiliki karakter agresif, bisa disebabkan karena pengalaman atau pola asuh yang kurang sesuai.
Suastika menyampiakan sosialisasi bullying di sekolah-sekolah, diharapkan tidak terjadi lagi kekerasan fisik / psikis maupun seksual di sekolah-sekolah sehingga mental/psikis anak-anak dapat berkembang dengan baik dan dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik.(*)

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.