Karang Taruna Batununggul Latihan Instensif Jelang Parade


Karang Taruna Desa Batununggul instensifkan berlatih (foto/endra)


BATUNUNGGUL, Jelang Hari Raya Nyepi selalu identik dengan ngarak ogoh-ogoh saat pengerupukan dilangsungkan atau sehari sebelum puncak hari raya nyepi. Begitu juga sekaha teruna atau karang taruna mempersiapkan garapan yang dipersembahkan, Karang Taruna Sila Jaya, Desa Batununungul mengikuti parade Ogoh-Ogoh di Klungkung sebagai duta kecamatan Nusa Penida.

Segala persiapan terutama tabuh dan tari pragmentari terus gencar melakukan latihan. Karang Taruna yang baru kembali dibentuk ini ditunjuk pihak kecamatan Nusa Penida sebagai duta dalam ajang parade ogoh-ogoh nanti tanggal 24 Maret mendatang. Hal ini disampaikan Ketua Karang Taruna Sila Jaya, I Dewa Gede Maindra Dinata saat ditemui latihan di balai banjar Batununggul menjelaskan mengumpulkan mereka tidak membutuhkan waktu yang lama kebetulan tahun lalu kami menggelar parade ogoh-ogoh di desa sehingga mengetahui kemampuan baik manari dan menabuh tinggal kita ambil. Menyatukan visi dan misi dalam hal berkesenian parade nanti langsung tidak ada hambatan sama sekali. Waktu makin mendekat kita terus berlatih agar mantap mempersebahkan garapan nanti.

Lebih lanjut, Maindra mengatakan pelatih penata tabuh dan tari tidak jauh-jauh mencari kebetulan Desa Batununggul memiliki seniman berbakat secara disiplin ilmu dari bidang seni. Penata tabuh dua orang yakni I Gede Yoga Yasa ( alumnus ISI Denpasar) & Made Arik Ardiana yang masih menempuh pendidikan UNHI Denpasar dan penata tari Putu Wahyu Cahyanti (Alumnus UNHI Depnasar ) & I Dewa Made Wisarja alumnus ISI Denpasar. Total penari dan penabuh sebanyak 45 orang dengan tema Tarung Amerta.

" kita optimis dan maksimal walaupun dari segi waktu sedikit mepet keinginan mempersembahkan yang terbaik jadi kunci motivasi kami berlatih," jelas Maindra.

Penata tabuh I Gede Yoga Yasa, kemampuan sekaha teruna menabuh bisa diandalkan tapi kami tetap menerapkan disiplin dalam berlatih. Selain itu mental juga jadi pertimbangan sehingga materi-materi menabuh diimbangi mental saat nanti tampil.

" kami mohon dukungan semua pihak terutama masyarakat Nusa Penida untuk hadir memberikan spirit nanti saat parade," pinta Yoga. (*sjd)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.