Sampah Lebih Banyak Dilaut Saat Musim Penghujan

KKP bersihkan sampah terumbu karang (foto/kkp)

Terumbu Karang Terancam Pertumbuhannya
NUSA PENIDA, Sampah kiriman tidak hanya dialami pantai Kuta saja. Sampah tersebut menyebar hingga ke Nusa Penida. Musim penghujan menjadi pemicu banyak sampah terseret ke laut, selanjutnya berlayar sesuai arus laut. Tidak hanya sampah kiriman, hujan menyeret sampah yang berasal dari bukit Nusa Penida menuju laut. Saat musim hujan justru sampah lebih banyak dilaut ketimbang di darat. Dampaknya, terumbu karang terancam pertumbuhannya.

" Di saat musim hujan banyak sampah baik organik maupun non organic terbawa ke laut. Di periairan Nusa Penida sampah tidak hanya berasal dari Nusa Penida itu sendiri tapi juga kiriman sampah dari pulau lain.Sampah di laut lebih banyak dari pada di darat saat musim hujan, " kata Kepala UPT Kawasan Koservasi Perairan Nusa Penida I Nyoman Karyawan.

Menurutnya, keberadaannya masih terkendali namun sampah dilaut sangat menghambat pertumbuhan karang, keindahan laut, terganggunya aktivitas wisata serta penangkapan ikan di laut.

Hari ini kita focus di Crystalbay mengingat daerah ini adalah daerah kunjungan wisata perairan yang terpadat. Dia berencana aksi ini akan dilakukan 2 kali dalam seminggu. Sementara kondisi terumbu karang rata rata masih dalam kondisi baik, "bebernya.

Oleh ; Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.