Pergantian Tahun Baru Warga Nusa Penida Ngelawar





Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Pergantian tahun dari tahun 2014 ke 2015 di kecamatan Nusa Penida di pusatkan di Gor Sampalan , Desa Batununggul. Kali pertama acara penyambutan pergantian tahun dilaksanakan dari tahun sebelumnya, Rabu Malam (31/12/2014).

Dalam acara itu dihadiri Camat Nusa Pendia  Ketut Sukla, SH didampingi Kapolsek Nusa Penida & Danramil serta perbekel se-kecamatan Nusa Penida beserta warga.

Sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan oleh Camat Nusa Penida I Ketut Sukla melewati tahun 2014 dan memasuki tahun baru 2015. Tanpa terasa, ketika fajar tahun 2015 menyeruak di ufuk timur,  maka tahun 2014-pun akan segera berakhir. Terpatri dan terukir indah di lubuk hati yang paling dalam dari semua rangkaian kegiatan, tugas dan pengalaman kita.  Segala suka dan duka telah dirasakan yang merupakan kenangan hidup terukir di hati kita semua. Dengan kebersamaan dan dukungan, tahun 2014 akhirnya dapat kita lalui bersama.
     Pada kesempatan yang berbahagia ini dapat kiranya saya sampaikan  bahwa visi pembangunan daerah di Kabupaten Klungkung tahun 2013 - 2018 adalah “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Klungkung yang Unggul dan Sejahtera”.  Berdasarkan visi tersebut, kita tetap meletakkan kebijakan pembangunan dalam rencana pembangunan jangka menengah Kabupaten Klungkung adalah peningkatan produktifitas masyarakat yang berbasis keunggulan lokal. Indikator dari produktifitas itu adalah  kegiatan ekonomi masyarakat yang berkembang dengan baik, kreatif dan inovatif. Jika hal ini dapat terwujud. Maka kualitas manusia, kesejahteraan sosial dan terwujudnya kehidupan yang demokratis akan menjadi mudah diwujudkan.

Secara obyektif, keunggulan lokal Kabupaten Klungkung berada di sektor ekonomi kerakyatan dalam arti luas, yaitu pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, industri kecil dan sebagainya , dampak krisis global sekarang ini berpotensi melahirkan kemiskinan. Cara melawan kemiskinan melalui peningkatan produktifitas. Artinya, produktifitas berhubungan erat dengan kemiskinan.  Semakin tinggi tingkat produktifitas masyarakat, akan berpeluang turunnya angka kemiskinan di tengah masyarakat tersebut. Oleh karena itu, peningkatan  produktivitas masyarakat sesuai dengan potensi lokal yang ada  menjadi sangat penting dan relevan.

tepuk tangan menyambut setelah Camat Nusa Penida selesai memberikan sambutan, acara berlasung hujan turun lebat hingga  jelang detik-detik pergantian tahun.



Secara bergantia pengisis acara mulai dari artis loka Nusa Penida Gede Bagus Brahmana berdendang dengan lagu ciptaan sendiri yang genre bahasa bali, D’Majuh Band KTMP Together disusul Master of Mia dengan music cadas.

Gede Bagus Brahmana menuturkan acara walau pun atensi warga menyaksikan acara ini kurang , mungkin hujan yang menjadi warga enggan datang ke Gor. Tapi bukan itu menjadi acara ini tidak meriah. Untuk selanjutkan diharapak acara ini terus dilakukan secara berkesinambungan, “ harapnya.

Sementara dari kejauhan sepanjang pantai dari Sanur hingga ke Karangasem terlihat jelas pesta kembang api dari Nusa Penida. Atraksi kembang api tersebut menjadi tontonan warga pesisir Nusa Penida.

Ngelawar



Sebagian besar warga Nusa Penida menyambut perayaan pergantian tahun dengan ngelawar. Biasanya ngelawar dilaksanakan pada hari raya keagamaan. Nilai kebersamaan yang paling mendasar ngelawar yang diterapkan pada pergantian tahun.

Salah satu warga yang ngelawar I Dewa Ketut Alit Jenada mengatakan kegiatan ngelawar sudah menjadi tradisi menyambut tahun baru di Nusa Penida hampir setiap banjar dan komunitas mengadakan ngelawar saat pergantian tahun. Hal ini dilakukan agar rasa kebersamaan kembali menyala disetiap ingsan. Walaupun sedikit repot , namun kecerian semakin tumbuh menanti fajar baru di tahun baru 2015, “ terangnya.

Oleh : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.