Klungkung Berencana Menggelar Sail Nusa Penida 2017


Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Inovasi terus dilakukan Pemkab Klungkung guna meningkatkan perekonimian dan pariwisata daerah kecamatan Nusa Penida yang telah tertinggal pembangunan dari daerah lainya. Selama ini Nusa Penida menjadi andalan pariwisata Klungkung. Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan secara mandiri pariwisata berkembang dengan pesat. Sementara Nusa Penida baru kecipratan setelah festival digelar beberapa waktu lalu.

Kali ini Bupati I Nyoman Suwirta kembali melontarkan idenya untuk menggelar event-event bertaraf nasional. Untuk menunjang event yang bertaraf nasional perbaikan dan pembangunan infrastruktur sangat relevan. Event yang digelar yakni Sail Nusa Penida . Kemarin, Kamis  (29/1) bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, tim yang beranggotkan tiga orang dari Coral Triangel Center (CTC) memaparkan proposal Sail Nusa Penida dihadapan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta,  Plt. Setda Ida Bagus Sudarsana, Kepala BAPPEDA I Gusti Ngurah Bagus Putra, Staf Ahli Gusti Ketut Suardika dan Kepala Kantor Perternakan, Perikanan dan Kelautan Gusti Ngurah Badiwangsa.

Dalam paparannya, Martin selaku pembicara mengatakan bahwa Nusa Penida dengan tiga gugusan pulaunya serta keindahan biota lautnya yang beraneka ragam sangatlah layak menggelar event internasional semacam Sail Nusa Penida ini. “Event ini nantinya akan mempromosikan Nusa Penida dan Bali sabagai salah satu tujuan wisata bahari dunia serta meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.” Ujar Martin.

 Rencananya dalam Sail Nusa Penida ini digelar berbagai event antara lain : Lomba Underwater photography, Lomba menulis artikel dengan tema terumbu karang, Jambore selam, Lomba Jukung Tradisional, Lomba Membuat Aneka Makanan Berbahan Dasar Rumput Laut, Lomba Layang-Layang Bahari, Parade Jukung, Kapal, Phinisi dan Yatch, Aksi Sosial dan Pengobatan Surya Baskara Jaya dan berbagai acara tentang kelautan lainnya yang akan melibatkan banyak pihak.

Setelah dihitung dan dibandingkan dengan event-event serupa diperkirakan event Sail Nusa Penida membutuhkan pendanaan Rp. 102.500.000.000 (seratus dua miliar lima ratus juta rupiah) bersumber pada APBN, APBD Propinsi Bali dan APBD Kabupaten Klungkung serta sumber lain yang tidak mengikat.

Dr. I Nyoman Sudipa salah seorang tim ahli menyarankan untuk menelusuri kepastian kemana arah proposal Sail Nusa Penida ditujukan, hal ini penting untuk mempercepat respon dari kementerian serta untuk memulai persiapan didaerah.

Kepala Kantor Perternakan, Perikanan dan Kelautan (PPK) Gusti Ngurah Badiwangsa mengatakan bahwa proposal Nusa Penida telah diajukan ke Dinas PPK Provinsi, dan sudah direspon positif, nantinya Provinsi yang akan mengajukan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun untuk jadwal penyelenggaraan event, Badiwangsa menyarankan supaya tidak berselang jauh dengan event internasional yang lain yang digelar di Bali. Hal ini guna memudahkan dalam mendatangkan para pengunjung.

Ir. Ketut Sudiarta, salah seorang tim ahli dalam bidang kelautan dan pariwisata menyarankan kepada Bupati Suwirta jika sail Nusa Penida jadi digelar hendaknya menggunakan stake holder dan masyarakat sebagai penggerak dibawah, hal ini penting supaya masyarakat tidak hanya menjadi penonton seperti yang terjadi pada event sail yang lain.

 “ libatkan masyarakat dan para stakeholder sebagai penggerak event dibawah, hal ini penting supaya masyarakat tahu akan kemampuan dan potensi yang dimilikinya.” terang Sudiarta.

Dia  juga mengatakan bahwa event ini digunakan sebagai kesempatan dalam memperoleh bantuan pusat dalam memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur yang ada di Nusa Penida, seperti jalan, listrik dan air yang selama ini menjadi permasalahan sehari-hari Nusa Penida.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam kesempatannya mengatakan dalam event ini sangat menekankan branding, karena menurut Suwirta, sail Nusa Penida ibarat sebuah produk yang memerlukan branding yang kuat. “ Dengan branding yang kuat maka Nusa Penida dan Bali akan semakin dikenal dunia.” Tuturnya.

Bupati asal Ceningan  mengakui kalau  klungkung belum pernah menyelenggarakan event-event besar bertaraf internasional, namun Suwirta mendorong para stafnya yang hadir untuk berani menggelar event besar, karena potensi yang dimiliki Klungkung sangat besar. “Kita mesti berani menggelar event-event besar seperti ini, mengingat potensi-potensi yang kita miliki tidak kalah dengan daerah lain, bahkan lebih, meskipun kita Kabupaten terkecil di Bali.” terangnya.

Kepada Kepala KKP Gusti Ngurah Badiwangsa Bupati Suwirta berpesan untuk menguatkan kelembagaan KKP. Jangan sampai jika ada tim dari pusat yang datang mengecek lembaga KKP kita, tapi lembaga kita yang tidak siap.” Pesan Bupati kepada Gusti Ngurah Badiwangsa.

Kepada Kepala Bappeda dan para Tim Ahli Bupati tugaskan untuk merancang ulang proposal yang nantinya akan dilaporkan ke Gubernur Bali. Pada akhir pertemuan Bupati pun memantapkan bahwa Sail Nusa Penida akan direncanakan diselenggarakan pada tahun 2017. Dan jika sudah di acc pusat, maka selanjutnya Bupati akan mempercepat pembangunan infrastrukstur seperti penyelesaian pengerjaan Dermaga Gunaksa.

Oleh : Humas Klungkung
Editor : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.