Suwirta Bersama Tenaga Ahli BPSPAM Tinjau Sumber Air Di Nusa Penida




Bupati Klungkung I  Nyoman Suwirta berserta
Prof. DR. Ir. Arwin Sabar
BPSPAM & DPRD Klungkung (foto/SJD)
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Selama ini pemanfaatan kedua mata air baik di Penida dan Guyangan masih kurang maksimal hanya distribusikan 30% dari debit air yang ada. Keseriusan Pemkab Klungkung untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Nusa Penida menemui titik terang dari benang kusut. Keseriusan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak turun langsung Prof. DR. Ir. Arwin Sabar tenaga ahli yang diutus Badan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPSPAM) dibawah naungan Kementrin PU meninjau sumber mata air yang ada di Nusa Penida.

Bupati Klungkung , Jumat (23/1) mengatakan peninjaukan ini dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada tenaga ahli PAM mensurve dan meneliti kondisi mata air yang ada di Nusa Penida. kondisi yang ada sekarang dengan kedatangan team ahli bisa mengambil langkah-langkah baik itu memperbaiki kondisi yang ada maupun mempertahankan situasi yang ada. Pelayanan air bersih di Nusa Penida paling tidak ada titik cerah, walaupun tidak secara keseluruhan, setidaknya setipa tahun pelayanan air bersih ada peningkatan terutama saat musim kemarau. 

Suwirta berharap nanti terhadap Direktur baru yang terpilih bisa mengkolaborasi  langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat untuk menindaklanjuti strategi apa yang akan dilakukan di Nusa Penida, “ terangnya.

Peninjauan sumber mata air minum kemarin juga didampingi oleh Ketua DPRD Klungkung Wayan Baru, Wakil Ketua DPRD Klungkung Ida Ayu Gayatri, Anggota DPRD Klungkung Komisi III I Made Jana, Kabag. Humas dan Protokol Wayan Parna, serta dari UPT. PAM Provinsi Bali, Agus Sugiarta dan Made Sudiana.

Dikirimnya tenaga ahli dari BPSPAM untuk meninjau kondisi dan potensi sumber mata air di Nusa Penida ini berawal dari Kunker Komisi III DPRD Klungkung ke BPSPAM untuk berkonsultasi dan meminta bantuan untuk pengeloaan sumber mata air di Nusa Penida. Sumber mata air yang ditinjau dilakukan di dua tempat yaitu sumber mata air Peguyangan yang berada di Desa Batukandik dan Sumber mata air Penida yang berada di Pantai Cristal Bay Desa Sakti. Peninjauan dari Prof. DR. Ir. Arwin Sabar yang juga merupakan guru besar ITB ahli dalam bidang Air Baku ini bertujuan untuk melihat dan mempelajari permasalahan dan potensi sumber mata air di Nusa Penida. Penelusuran kemarin didapat bahwa Nusa Penida ini sumber mata airnya 60% terdiri dari sumber mata air baku. Hal ini didapat dari potensi kedua sumber mata air tersebut. Peguyagan diperkirakan menghasilkan air 150 – 200 liter per detik, sedangkan sumber mata air Penida diperkirakan menghasilkan 150 liter per detik. Kunjungan dari Tenaga Ahli PAM (Pengembangan Air Minum) ini juga merupakan program dari BPSPAM untuk mendampingi PDAM di seluruh Indonesia untuk menerima keluhan dan permasalahan dari PDAM daerah tersebut, Kabupaten Klungkung dipilih dari sekian Kabupaten di seluruh Indonesia. Hal ini juga terkait dengan program Pemerintah Pusat untuk melayani kebutuhan air minum 100% di seluruh Indonesia yang dikenal dengan MDG’s 100%.

Prof. DR. Ir. Arwin Sabar dengan telaten mengamati sumber mata air yang ada di Nusa Penida. Pria parubaya ini langsung turun ke sumber mata air Guyangan menuruni ratusan anak tangga.

Menurut I Made Jana DPRD Klungkung Komisi III mengatakan saat ngobrol langsung dengan profesor kayaknya PDAM harus berhitung ulang untuk penetapan tarif. sebab biaya produksi air guyangan tergolong tinggi. Kecuali Pemkab dan Pemprop Bali memberi subsidi sehingga nilai jual air kemasyarakat masih terjangkau. Tapi mari semua bersabar karena Tim dari BPPSPAM akan melakukan kajian lebih mendalam. Yang pasti Pemkab Klungkung baik eksekutif maupun legeslatif sangat konsen mengenai Air di Nusa Penida.

Kami berupaya melobby ke pusat sehingga biaya pengangkatan air dengan segala pendukungnya didanai APBN. Semoga juga Pemkab Klungkung dan Pemprov Bali bisa mensubsidi harga air minum sehingga tidak terlalu memberatkan masyarakat kita. Itu yang kami upayakan terus, “ katanya.

“ Luar biasa orang tua ini....beliau adalah Profesor DR.Ir. Arwin Sabar.....Tim Ahli BPP SPAM. Seperti janji BPP SPAM sebelumnya mengirim tim terbaiknya utk membantu PDAM Klungkung mengoptimalkan pelayanan air minum di Nusa Penida.Hari ini turun ke Sumber air Guyangan dan Penida. Bersama Bapak Bupati Ketua DPRD, Wakil dan Ketua Komisi III. Astungkara membuahkan sesuatu yg lebih baik bagi masyarakat Nusa Penida, “ imbuh Jana .

Oleh : Humas Klungkung
Editor : Santana Ja Dewa




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.