Warga Nusa Penida Keluhkan E-KTP dicetak di Klungkung


E-KTP mulai berlaku awal Januari 2015 (foto/inilah) 
 
Klungkung (waklaba.blogspot.com)

Pemkab Klungkung mulai awal tahun 2015 E-KTP diberlakukan. E-KTP yang sebelumnya dicetak langsung Mendagri, sekarang di limpahkan Pemkab di seluruh Indonesia dibawah naungan Disdukcapil, Rabu (7/1) kemarin. 

Nusa Penida salah satu wilayah Kabupaten Klungkung dipisahkan selat Badung, warga semakin sulit mengurus E-KTP. Warga hanya bisa perekaman saja, tapi cetaknya di Klungkung. Sementara kecamatan lainya lebih gampang ketimbang kecamatan Nusa Penida. 

Salah satu warga yang kecewa I Dewa Gede Sutarsa mengatakan sesuai dengan surat edaran dari Disdukcapail kami sebagai warga sangat keberatan mengurus E-KTP. Pasalnya E-KTP hanya dicetak di Klungkung, sementara warga kami harus menyeberang. Proses kependudukan semakin mundur, seharusnya prosesnya cepat. Setidaknya di Nusa Penida tidak hanya perekaman meski ada percetakannya langsung, “ terangnya.

Sementara Kepala Dinas Catatan Sipil Kabupaten Klungkung I Komang Susana mengatakan sesuai dengan UU No. 24 tahun 2013 perubahan administrasi kependudukan sudah dilimpahkan dari Mendagri ke Pemkab. Sebelumnya E-KTP langsung dicetak di Jakarta sekarang di masing-masing Kabupaten. Wilayah Kabupaten Klungkung terutama Kecamatan Nusa Penida yang terpisah lautan sementara ini hanya bisa perekaman saja, untuk cetaknya di Klungkung . Selesai tercetak segera dikirim ke Nusa Penida. secara berkala Disdukcapil memberikan pelayanan jemput bola secara berkala di Nusa Penida.

“ Bagi warga yang ingin cepat mengurus E-KTP disarankan ke Kantor Disdukcapil. Kami secepatnya mengusulkan agar di Nusa Penida tersedia perekaman sekaligus percetakan E-KTP ” , “ harap Susana.

Oleh : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.