Sekolah di Lembongan Masih Jauh Harapan





Lembongan (waklaba.blogspot.com)

Eksoticnya Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang menjadi penumpang PAD (pendapatan asli daerah) sangat terbanding terbalik dengan sarana pendidikan. Lembongan yang terletak di tenggara Bali dipisah selat Badung sisi lainya masih menyedihkan di dunia pendidikan.

Hal ini disampaikan DPRD Komisi III Klungkung I Made Jana seharian menjajal Nusa Lembongan, Selasa (27/1) mengatakan daerah penyumbang PAD justru tidak kebagian kue pemeratan pembangunan terutama pendidikan. Salah satunya SMP N 4 Nusa Penida, bangunannya betul-betul tidak layak bagi sebuah lembaga pencetak SDM unggul. Sementara SMA satap Lembongan yang  juga tempat yang sama tidak memiliki guru,TU tidak ada. Miris, upaya kepsek ke disdikpora mental terus.Mudah-mudahan eksekutif khususnya Bapak Bupati sesegera mungkin mewujudkan sarana pendidikan yang layak di Lembongan.

Dia berjanji segera berkoordinasi dengan eksekutif untuk memperbaiki keadaan ini. Untuk fasilitas kesehatan Purkesmas Nusa Penida II dan Pustu di Lembongan dan ceningan secara fisik memang sudah layak,tinggal bagaimana pelayanan kepada masyarakat ditingkatkan lagi, “ ujarnya DPRD asal Ampel, Desa Pejukutan.

Dalam kunjungan kerja komisi III di Nusa Lembongan juga didampingi oleh komisi I dan II .

Sementara Gede Putu Surya Wirawan berpendapat sekolah yang sudah ada diperbaiki, gunakan alur berpikir dan logika yang benar, jangan ada diskriminasi dalam mengelola pendidikan serta perhatikan daya dukung dan syarat-snyarat pendirian sekolah.Kalau kita mau jujur membangun pendidikan baik didaratan maupun Nusa penida maka yang harus dilakukan adalah menempatkan pendidikan untuk membentuk insan - insan yang menjadi dewasa, baik moral, etika, integritas maupun membentuk kompetensi akademis yg memiliki daya saing dengan sentuhan yang humanis.

Mari kita memikirkan dan membangun pendidikan Nusa penida secara holistik serta betul betul didasarkan atas niat yang tulus demi kemajuan Nusa Penida.
Jarang ada guru yang mau tugas di Nusa hal ini penyebab keenggan pendidik untuk urung niatnya mengajar dengan tulus. Jangan disamakan dengan daratan Klungkung .Maka dari itu memohon kepada bapak untuk memperhatikan guru yang di Nusa baik yang PNS, pengabdi dan honor. Berikan mereka penghargaan yang layak dan bila perlu diberkan hak khusus Kalau ada yang protes dari daratan putar balik saja. saya terus terang mengapresiasi guru dan yang lainya yang tugas di Lembongan karena jarak yang jauh. Biaya hidup yang tinggi, “ terang Surya.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.