Pura Paluang Salah Satu Destinasi Wisata Spiritual Unik



dua pelinggih berbentuk mobil di Pura Paluang (foto/humasklk)
BUNGAMEKAR, Nusa Penida menyimpan berbagai keunikan baik alam, budaya dan Pura. Membicarakan Pura, Nusa Penida memiliki Pura Sad Kahyangan tersendiri. Dari sekian banyak Pura paling unik yakni Pura Paluang dengan pelinggih mobil. Pura yang terletak di sebelah selatan lebih tepatnya di Dusun Karangdawa, Desa Bungamekar. Pada piodalan kali ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang didampingi oleh Camat Nusa Penida I Ketut Sukla, SH, melaksanakan persembahyangan, Minggu (30/8/2015).

Bupati I Nyoman Suwirta menyatakan sangat terkesan dengan keberadaan pura tersebut dan dirinya menilai keberadaan pura tersebut menjadi destinasi wisata spiritual yang ada di Nusa Penida. Disatu sisinya dirinya sangat miris melihat akses jalan menuju pura tersebut yang rusak parah, dari semua akses jalan yang menuju ke pura dari Pondokaha sampai Karangdawa kondisinya sangat parah, bahkan dibeberapa titik tinggal badan jalan saja. Menututnya jalan ini harus mendapatkan skala prioritas untuk perbaikan agar mempermudah dan mempelancar akses ke pura tersebut sebagai wisata spiritual, “ terangnya.

Menutut Jro Mangku Sutawan  sejarah Pura Paluang khususnya pelinggih mobil tidak lazim pada umumnya. Masyarakat setempat menyakini  Ida Bhatara yang bergelar Ida Gede Ratu Sakti Hyang Mame beristana di Pura tersebut memiliki sebuah kendaraan beroda empat layaknya mobil. Mengingat setiap piodalan masyarakat pengempon atau peyungsung sering kerauhan dan meminta agar dibuatkan pelinggih berbentuk mobil. Untuk menyakinkan kepada pengempon bahwa sejatinya beliau memiliki sebuah mobil di alam sana. Karena seringnya terjadi kerauhan mobil maka dari itu dibuatkanlah pelinggih tersebut dan sampai sekarang keberadaan pura tersebut masih belum diketahui kapan dibuat.

Bendesa Pakraman Dwi Kukuh Lestari I Wayan Partana mengatakan Pura Paluang piodalan jatuh pada rahina Tumpek Krulut. Ida Bhatara nyejer selama 3 hari, sementara nyinep pada hari Selasa. Pengempon Pura Paluang sebanyak 105 KK. Pura Paluang terdiri dari dua pura diantaranya Pura Segara & Pura Paluang. Di area Pura Paluang terdapat dua pelinggih berbentuk mobil dengan ukuran yang berbeda. Keunikan ini menjadi daya tarik pemedek atau tamu yang berkunjung. “ hampir setiap hari ada saja pengunjung yang datang, “ ujarnya.

Oleh : humas Klungkung

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.