Aura Spiritual di Pura Batumedawu, Pelinggih Berbentuk Perahu


Pura Taman komplek Pura Batumedawu pelinggih berbetuk perahu (foto/SJD)
SUANA, Keberadaan Pura Sad Kahyangan di Nusa Penida banyak menyimpan misteri salah satunya Pura Batumedawu. Lokasi pura ini di sebelah timur Nusa Penida lebih tepatnya di Dusun Suana, Desa Suana, Nusa Penida, Klungkung. Jika dari ibukota kecamatan berjarak sekitar kurang lebih 10 kilometer.

Ketua Panitia I Wayan Mudra saat ditemui, Kamis (20/8/2015) mengatakan Pura Batumedawu salah satu Pura Pusering Jagat Nusa Penida. Piodalan Pura Batumedawu jatuh pada rahina Buda Kliwon Pahang. Pegempon pura awalnya 16 Desa Pakraman, perkembangannya terjadi pemekaran desa pakraman hingga sampai sekarang berjumlah 20 desa pakraman. Sebagain pengempon merupakan dangin bentas ( Nusa Penida bagian timur). 

Pura Batumedawu terdiri dari tiga pura diantaranya Pura Segara, Pura Taman & Pura Batumedawu. Uniknya, Pura Taman pelinggihnya berbetuk perahu. Jika saat sembahyang pelinggih berbentuk perahu tidak terlihat jelas. Pelinggih bentuk perahu secara utuh dilihat bila dilihat dari samping. 

“ upacara piodalan diawali dengan melasti pada hari Rabu pagi, nyejer Ida Bhatara selama tiga hari dan nyinep hari Sabtu, “ ujarnya.



Menutut Jro Mangku Wayan Sugianta mengatakan sampai sejauh ini keberadaan purana (lontar) Pura Batumedahu belum ada. Kapan Pura ini dibuat masih menjadi misteri sampai sekarang. Banyak persi keberadaan Pura Batumedahu. Kesulitanya, masih meraba-raba tentang Pura Batumedawu. Hanya saja, keberadaan Pura ini masih berupa cerita yang diceritakan dari generasi ke generasi. 

Pura Batumedawu salah satu pura pelingsir (red,tertua) yang masuk pura tri purusa setelah Pura Penataran Ped dan Pura Puncak Mundi. Keberadaan tri purusa merupakan pusering dari Pura Sad Kahyangan di Nusa Penida. 

Cerita I Renggan (babab nusa) sangat berkaitan dengan pelinggih di Pura Taman yang berbentuk perahu. Aura spiritual sangat kental di Pura Batumedahu sangat berbeda dengan Pura Penataran Ped. Tiga purusa mempunyai manifestasi masing-masing yang sesuai dengan tri Murti. Pura Batumedahu bergelar Ratu Mas lantung yang diibaratkan sosok perawakan yang tinggi berjubah putih. Aura spiritual inilah membuat Pura ini umat yang tangkil tidak sampai kesurupan. Wisata spiritual tidak lengkap rasanya menginjakkan kakinya tangkil ke Pura Batumedawu, “ tuturnya Guru SD Negeri 2 Batununggul.

Oleh : Santana Ja Dewa



Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.