Peserta Gerak Jalan Perempuan Berguguran Pingsan



tim medis dibantu guru pedamping menolong peserta pingsan (foto/SJD)



BATUNUNGGUL, Perserta gerak jalan tingkat SMA di Kecamatan Nusa Penida teruma peserta perempuan menuju finish bertumbangan pingsan. Hampir setiap regu perserta pinsan, hal ini membuat tim medis kewalahan. Guru pedamping dan panitia membantu dengan cepat memberikan pertolongan.

Menurut dr. I Ketut Apriantara mengatakan penyebab peserta berguguran pinsan terutama perempuan hal ini disebabkan factor ketegangan selama gerak jalan berlangsung. Disamping itu panas menjadi pemicu hidrasi sehingga cairan banyak yang keluar (keringat). Sarapan pagi sangat berpengaruh, “ kata dokter yang berkerja di Puskemas Nusa Penida I, Rabu (12/8/2015).

Gerak jalan tingkat SMA memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke -70 start dan finish di depan kantor Disdikpora Nusa Penida memempuh jarak 10 kilometer. Peserta putra/putri berbalik di sebelah barat Pura Penataran Ped. 

“ jalan digunakan lomba gerak jalan ruas Sampalan-Toyapakeh, sepanjang Pasar Mentigi kami bekejasama dengan pihak Kasat lantas dan Dishubminfo untuk mengamankan jalannya lomba sekaligus mengatur lalin. Peserta yang berpartisipasi putra  sebanyak 7 regu dan putrid 9. Sementara yang tidak hadir yakni SMA Wisata Dhama dan peserta umum Wilis dari Sental Kangin, “ ujar Koordinator Lomba dan Pertandingan I Nyoman Tangkil.

Menurutnya, penilain berdasarkan disiplin waktu, kerapian, keseragaman gerak. Peserta yang pingsan disebakan factor ketegangan para peserta. “ tegang dan hidrasi menjadi pemicu pesera pinsan, “ terangnya.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.