Inilah Rasia Lembongan Jadi Juara Vollyball




Pelajar Lembongan Borong juara (foto/SJD)




BATUNUNGGUL, Kejuraan volleyball yang diselenggarakan pihak kecamatan dalam rangkaian peringatan hari kemerdekaan mulai dari tingkat SMP dan SMA diborong oleh pelajar asal Nusa Lembongan.

Tingkat pelajar SMP grandfinal SMP Negeri 4 Nusa Penida melumat lawanya 3-0 tanpa balas. Final SMP Negeri 2 Nusa Penida menjadi lawannya tidak bisa mengembangkan permainan.

Sementara tingkat SMA  di final all Lembongan tersaji. Aroma Lembongan kental dicabang volleyball. SMA Wisata Dharma (Wisma) versus SMA Satu Atap Lembongan juara menjadi milik Wisma. Sangat tangguh Wisma menang telak 3-0 dengan skor tiap babak 25-16, 25-13,25-15.

Koordinator Lomba dan Pertandingan I Nyoman Tangkil saat ditanya, Sabtu (15/8/2015) mengatakan cabang olahraga ini menjadi andalan buat Lembongan. Dari sejak dulu Lembongan melahirkan atlit-atlit volleyball berkualitas hingga sekarang. Berbagai kompetisi yang diselenggarakan baik di Nusa Penida maupun di Klungkung juga Lembongan menjadi rajanya, “ katanya.

Ia mengatakan kompetisi volleyball tingkat pelajar baru digelar yang sebelumnya tingkat umum banyak permasalahan yang terjadi. Di tahun ini dialihkan pelajar. Kemeriahan tetap tersaji bagi yang menontonya. “ kami berharap melalui kejuaraan ini mulai tumbuh bibit baru, “ terangnya.

Perebutan peringkat ketiga antara Satap Tanglad vs Satap Klumpu dimenangkan oleh Tanglad dengan skor telak 3-0.

Menurut I Made Sumiarta Mantan Atlit Vollyball mengatakan minimnya kompetisi yang diselenggarakan di Nusa Penida menjadi pemicu lambatnya perkembangan olahraga volley. Jam terbang sangat penting dimana mental dan teknik adalah kunci menguasai permainan. Fasilitas yang kurang menjadi permasalahan penyebab minat jadi kurang. Atau mungkin berbagai kesibukan, “ kata Pria asal Ceningan.

semestinya 17an kali ini dengan melibatkan pelajar sebagai ajang kompetisi itu sangat positif artinya sekarang peran sekolah untuk membina sejak dini. Saran Sumiarta  tahun depan diusulkan anak-anak sekolah dasar juga  dipertandingkan.

Sementara di Lembongan dan Jungutbatu cabang olahraga volleyball memang tetap ada walau keadaan pasang surut, tapi anak-anak pergunakan itu sebagai selingan bermainnya. Jadi volly tetap ada disela kesibukan sebagai pekerja swasta. Postur tubuh adalah factor pendukung. Kebetulan postur tubuh warga Lembongan dan jungutbatu diatas rata-rata. Di sekolah mereka juga diperkenalkan volleyball sejak dini, “ terang Pria yang akrab disapa Midun.

Disetiap kejuaraan volly harus dipersiapkan dengan matang mulai dari panitia, lapangan dan tim wasit. Pemahaman sportivias sangat penting mulai dari official, pemain dan penonton harus bersikap fair play karena kadang sedikit rawan gesekan, “ tuturnya.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.