Juli-Agustus Kunjungan High Season di Nusa Penida



                     wisata alam dan bahari menajdi andalan Klungkung (foto/SJD)

 NUSA PENIDA, Dari dulu Nusa Penida adalah pulau yang ditakuti. Jangankan berkunjung ke Nusa penida, menyebut namanya saja orang akan merasa enggan. Hal ini mungkin disebabkan karena Nusa Penida dikaitkan dengan mistik atau bahkan Nusa Penida dikenal dengan daerah kering yang serba sulit.

Tapi tidak demikian sekarang, sejak diadakannya Festifal Nusa Penida yang pertama tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Tidak hanya wisatawan mancanegara, wisatawan domestikpun mulai berdatangan bahkan penduduk dari pulau sebelah baik Lembongan dan Jungutbatu mulai berdatangan untuk menikmati keindahan Nusa penida yang terpendam. Hal ini bisa menjadi bukti promosi Nusa Penida sudah berhasil.

Bagai mana dengan penduduk setempat?, Dengan mulai melambungnya nama Nusa Penida, sudah seharusnya bisa membawa dampak yang positif. Beberapa peluang sudah terbuka, hanya saja perlu kecerdasan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Jangan sampai penduduk local menjadi penonton yang setia di tengah datangnya pengunjung ke tempatnya.

Bagaimanapun berkembangnya suatu wilayah kalau penduduk local tidak bisa memanfaatkan, tidak akan ada artinya.
I Made Putra pemilik Semeton Inn saat dikomfirmasi, Rabu (19/8/2015) mengatakan jumlah kunjungan tahun ini ada kenaikan yang berakibat jumlah akomodasi juga bertambah seriing perkembangan kenaikan jumlah pengunjung. “ bisa dikatakan kunjungan ke Nusa Penida tiga kali lipat daripada tahun lalu dan tahun depan juga akan ada tiga kali lipat kunjungan daripada tahun ini, paling banyak wisman asal Prancis dan Belanda, “ kata pria yang lebih akrab disapa Dektra.
Keindahan alam Nusa Penida menjadi daya tarik seperti Crystal Bay, Pasih Uug, Goa Giri Putri. Sementara yang sering menjadi incaran wisman dan wisdom Angel billabong yang menyodok mereka. Panorama alam yang lainnya juga seperti Atuh Beach,  Temeling, Seganing & Guyangan. Sangat sedikit turis yang tertarik budaya.
Sekarang ada tren turis penghobi photography menyukai Nusa Penida mereka berburu Pasih Uug, Angel Billabong, Crystalbay, Atuh beach, Temeling, Seganing dan Guyangan. Wisata bahari juga sangat digemari untuk activity seperti snorkeling,  diving & mancing.

“ pertengahan Juli sampai Agustus merupakan high season pengunjung sehingga akomodasi hotel semuanya full di Nusa Lembongan dan Ceningan. Nusa Penida sudah menjadi perbincangan bagi kalangan traveler wisdom dan wisman, “ ujar I Ketut Surianta
Manager Sail Sensations.

Hal senada juga disampaikan I Wayan Bagiayasa berkerja di World Daving mengatakan wisata bahari di Nusa Penida menjadi incaran para pengunjung. Wisatawan yang menikmati wisata bahari kebanyakan dari Eropa dan Australia, “ terangnya.

Menurut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Klungkung  I Wayan Sujana, semester pertama tahun 2015 data pengunjung sebanyak di Kerta Gosa 24.616 , Goa Lawah 8.526, sedangkan Nusa Penida tahun 2014 sebanyak 101.725 wisatawan.  Disepanjang tahun 2014 dari Januari sampai Desember disejumlah objek wisata antara lain  Kerta Gosa 18.148, Goa Lawah 58.918, Nusa Penida 220.751. jumlah pengunjung setiap tahun meningkat ini terlihat pada tahun 2013 di sejumlah objek wisata mulai dai Kerta Gosa 54.745, Goa Lawah 55.308 dan Nusa Penida 185.909. Wisatawan Eropa yang mendominasi kunjungan di Kabupaten Klungkung , “ terangnya .

Oleh : Santana Ja Dewa/WB
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.