Klungkung Kembangkan Nusa Penida Wisata Spiritual



Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melaksanakan bhakti pengayar di Nusa Penida (foto/dok.waklaba)
NUSA PENIDA, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan kalau kita lihat keberadaan Nusa Penida yang merupakan bagain dari kabupaten Klungkung yang terpisah Selat Badung mempunyai Pura Sad Kahyangan tersendiri. Oleh sebab itu, sesuai dengan keputusan presiden ditetapkanya Nusa Penida menjadi Kawasan Strategis Pariwista Nasional, Senin (24/8/2015).

Bukan wisata hura-hura tapi wisata spiritual, hal ini sudah dilakukan pemedek Bali daratan yang tangkil ke Nusa Penida terutama hari Sabtu maupun hari libur.  Nusa Penida tidak hanya wisata alam dan bahari, wisata spiritual sangat penting dikembangkan. Beberapa titik wisata spiritual yang sudah dikenal seperti Pura Penataran Ped, Pura Puncak Mundi , Pura Giri Putrid dan Pura Batumedawu.

Lebih lanjut, Pura Sad Kahyangan maupun pura yang lainya mempunyai keunikan seperti Pura Paluang yang berada di Karangdawa , Desa Bungamekar. Pura ini semakin dikenal dengan pelinggih mobil. Tidak tutup kemungkinan pura lainya seperti Pura Sekar Kuning, Pura Tunjuk Pusuh dan yang lainya. 

“ tinggal menghubungkan akses satu dengan yang lainya. Rute juga sangat penting. Kedepannya, Suwirta berharapa kepada pengempon pura menjaga keberadaan pura masing-masing. Lebih jelasnya, alangkah baiknya dilengkapi dengan purana sehingga pemedek yang mau tangkil bisa lebih tahu . ini merupakan cita-cita kita bersama, “ tegasnya.

Oleh : Santana Ja Dewa




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.