Mengembalikan Marwah Drama Gong



ST Sila Revitalisasi Kesenian Drama Gong 
Kesenian satu ini mengalami masa keemasan, dimana kesenian tersebut dinantikan kehadiranya, walaupun kini Drama Gong tidak lagi dieluk-elukan pecintanya. Perlu diketahui Drama Gong sendiri adalah sebuah garapan seni drama yang membawakan cerita rakyat Bali sebagai pementasanya. Kewatiran tersebut, ST Sila Jaya, Banjar Batununggul, Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul mencoba revitalisasi kesenian yang sudah lama vakum.
"Kegelisahan keberadaan kesenian ini telah lama dan nyaris terlupakan, proses awal kita mencoba membangun kembali marwah kesenian ini yang tetap disesuaikan dengan kondisi sekarang. Revitalisasi mendapat apresiasi dari semua komponen masyarakat, " kata Ketua ST. Sila Jaya, I Dewa Gede Hendradinata saat ditemui disela-sela acara.
Penampilan sekaha drama gong yang notabone semua pregina melibatkan Sekaha Teruna termasuk penabuh. Kenikmatan berkesenian cair setelah pementasan menghibur masyarakat yang bertepatan dengan Ida Bahatara pelawaran Barong dan Randa nyejer selama tiga hari yang jatuh pada rahina Purnam Kepitu.
Diakuinya, drama gong sendiri tidaklah mudah tapi kita maksimal menyuguhkan yang terbaik tatkala penonton terhibur disana pelepasan dalam berkesenian.
Sementara penata tari, I Dewa Made Wisarja menyampaikan drama gong memang sudah lama tidak aktif, kencendurang kita lupa kesenian ini mungkin disebabkan berbagai faktor. Kita sebagai anak muda, kegetiran melihat kesenian tersebut digusur oleh yang namanya kekinian mencoba menghadirkan kembali marwah drama gong.
" dibilang sulit ya, dimana kesulitan tersebut dibarengi dengan ketulusan dalam berkesenian dijamin mengalir begitu saja. Keterampilan menari hampir semua bisa, terpenting disini adalah mengwujudkan kesenian ini sesuai pakem, ada beberapa unsur dimasukan terutama kondisi sekarang. Cerita yang dibawakan performance art Cupak Gerantang, " ujarnya. *


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.