Misteri Celana Dalam Perempuan dan Situs Tondowongso


Selama menelusuri candi di Kediri, ada hal yang menarik perhatian saya. Sebuah situs bernama Tondowongso yang berada di wilayah Gurah. Jalan menuju situs sangat berliku dan harus memasuki persawahan dan perumahan penduduk yang semuanya Muslim. Saya melihat ada kekunoan pada wilayah tersebut. Pikiran saya melayang pada naskah serat Calonarang, yakni daerah bernama Dirah/Girah. Adakah kemungkinan desa kuno ini adalah Dirah dan kini bernama Gurah? entahlah.
Setelah beberapa kali salah tempat akhirnya sampai pada situs ini. Tidak Nampak bangunan Candi sebagaimana tinggalan lainnya. Yang ada hanya gundukan Tanah dan semak yang rimbun ditumbuhi tanaman liar. Papan nama situs sudah karatan. Saya penasaran dan turun menghampiri beberapa kubangan air yang ada di beberapa titik. Saya terperangah, dasar candi dengan struktur bata merah sangat indah terendam dalam kubangan air.


Sangat indah, meskipun sudah tidak utuh lagi. Kemudian di kubangan lainnya juga ada beberapa dasar candi yang menyerupai mandala. Candi besar ada di tengah-tengah dikelilingi anak candi yang membentuk pola pemujaan Siwa. Semuanya terkubur dalam Tanah, pasir material yang kemungkinan muntahan dari letusan Gunung Kelud. Betapa menderitanya candi ini, dan ia mesti terkubur sekian lama memendam kejayaan pada masanya. Berdasarkan wawancara saya, konon pemerintah dan dinas kebudayaan terkait sudah membebaskan lahan untuk di ekskavasi dan tinggal menunggu pendanaan saja. Sementara beberapa arca sudah digali dan dipindahkan. Bagi saya, candi ini dipenuhi misteri.
Lebih misterinya lagi, ketika di atas gundukkan candi utama tergantung bekas celana dalam perempuan. Tumpukan bata yang sudah tidak beraturan dihiasi dengan celana dalam bekas ini tentunya sebagai pertanda bahwa "Hancurnya" kejayaan Nusantara disebabkan isi di balik celana dalam ini. Sebagaimana Brawijaya V harus tunduk pada isi di balik celana dalam putri Campa yang menganut kepercayaan lain.*


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.