Pokdarwis Desa Lembongan : Kebersihan Kebutuhan Dasar Pariwisata


Jaga Sapta Pesona, Pokdarwis Desa Lemongan kerja bakti merapikan akses menuju Jembatan Kuning (foto/wd)
Menggeliatnya destinasi suatu daerah wajib diimbangi dengan kemauan warga untuk melakukan kesadaran keberlanjutan pariwisata. Kesadaran tersebut berangkat dari ketulusan dalam diri bergerak melakukan kegiatan yang bernama kesadaran pariwisata. Kebutuhan dasar pariwisata adalah kebersihan, modal ini wajib dilakukan agar jangan berimbas pada lainya. Kebersihan, keindahan dan kenyamanan adalah beberapa faktor penunjang mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Desa Lembongan.
Tapi, keadaan tersebut belum bisa dilihat di salah satu destinasi pariwisata, Jembatan Kuning. Keadaan jalan yang berlubang serta banyaknya sampah plastik membuat tujuan wisata yang digadang menjadi salah satu ikon wisata Lembongan ini menjadi kurang nyaman. Disamping itu pantai sakenan yang sementara ini menjadi tempat bongkar muat barang membuat keadaan jalan cepat mengalami kerusakan.
Ketua Pokdarwis Desa Lembongan Gede Sutawan saat ditemui disela-sela kegiatan mengungkapkan pentingnya peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menjaga kenyamanan di Desa Lembongan. "Pokdarwis baru terbentuk, dan ini adalah kegiatan pertama kami. Tentunya kami berharap peran serta seluruh masyarakat untuk menjaga pariwisata di Lembongan'', terang Sutawan.
Kita mengelorakan melalui Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Desa Lembongan membuat gebrakan dengan menggandeng kelompok pemilik jukung yang berlabuh di Sakenan serta masyarakat sekitar melakukan pemerataan jalan utara Jembatan Kuning serta melakukan pembersihan sampah plastik yang banyak ditemukan disekitar Jembatan Kuning.
Sementara itu ketua kelompok Jukung Sakenan Nyoman Sarda menyambut baik kegiatan ini dan berharap ada kegiatan lain yang bermanfaat untuk Desa Lembongan dan masyarakat. "Ini adalah kegiatan yang bagus, mudah-mudahan tumbuh inisiatif dari semua untuk menjaga Lembongan sehingga pariwisata maju dan perekonomian maju juga'', tambah Sarda.
Kegiatan perataan jalan dan pembersihan sampah plastik ini diikuti seluruh anggota Pokdarwis Desa Lembongan, perwakilan pemilik jukung, serta masyarakat sekitar. Dari kegiatan tersebut terkumpul 8 karung sampah plastik dan kondisi jalan menjadi rata serta nyaman.
Sementara ditempat terpisah, Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Dinas Pariwisata Klungkung Tjokorda Gede Romy Tanaya mengatakan kami di dinas sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh pokdarwis Desa Lembongan apa lagi pokdarwis tersebut baru dibentuk dan sudah memulai kegiatan bersih bersih pantai karena saat ini yg menjadi isu pariwisata adalah banyaknya sampah plastik di pantai. Kegiatan ini sangat positif, kebersihan adalah salah satu unsur sapta pesona yang dapat membangun citra pariwisataan di Lembongan dan diharapkan kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh pokdarwis dengan melibatkan masyarakat melibatkan komponen pariwisata yang ada di desa.
Romy menjelaskan mendorong kepariwisataan dengan mengajak semua komponen masyarakat agar ikut menjaga dan memelihara destinasi pariwisata yang ada di Desa Lembongan dengan menerapkan semua aspek sapta pesona dan disini pokdarwislah yang menjadi ujung tombaknya.
" Kami dari dinas akan mengadakan sosialisasi sekaligus pembentukkan pokdarwis di semua desa wisata yang ada dikabupaten klungkung. Karena keberadaan pokdarwis merupakan bagian yg tdk bisa dilepaskan dari keberadaan desa wisata karena orang orang yang duduk di keanggotaan pokdarwis adalah mereka yang mengetahui keberadaan dari pada destinasi wisata yang bisa dikembangkan di desanya dan mau membangun kepariwisataan di desanya untuk dapat menambah pendapatan perekonomian masyarakat di desa," terang penghobi fotography.
Oleh : Wayan Bagiayasa & Wak Laba

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.