Seniman Putra Nusa Penida, Hiasi Dinding Villa Dengan Mural




I Ketut Sumadi 

Kebebasan dalam berekspresi yang dituangkan berbagai bentuk. Letupan pergolakan emosi dipecahkan dalam ranah seni. Mural salah satunya, tapi tatkala mendengar bahkan melihat seni tersebut sedikit mengkerut dahi saat masa kelam kebebasan berekspresi. Musim berganti, seni melukis diruang publik yang kosong perlahan diterima. Seni mural tidak hanya bercumbu pada tema satu sisi “ perlawanan”, tapi berkembang dengan situasi yang ada.
Batumulapan khususnya majuh kauh, lahir seniman setengah gila bernama Putu Bonuz, yang sudah melanglang buana dalam kancah senirupa, kini muncul adiknya yang saraf sebagai perupa mural. I Ketut Sumadi berbakat semenjak kecil, ia lahir di daerah trasmigrasi bernama Desa Lunyuk, Sumbawa, NTB. Tema-tema yang disajikan lebih inovatif bahkan jenaka. Pada dasarnya Sumadi berkesenian tanpa mengeyam pendidikan seni rupa formal. Bakat alam mengalir terbentuk dari lingkungan dan keluarga. Sampai saat ini, dia totalitas hidup dipertaruhkan pada seni lukis.
Berawal dari melukis tradisional diatas kertas sampai pada fase melukis modern diatas kanvas, dan kini merambah ke seni rupa Mural. Beberpa poject mural villa di Jimbaran dan Kuta serta di beberapa tempat lainnya. Dan Nusa Penida sekarang lagi dalam proses pembangunan dalam pengembangan pariwisata, yang juga tak luput dari muralnya Sumadi. Dalam waktu dekat ini sumadi akan mural sebuah apartemen di Singapore dan villa di pulau Komodo.
Kantor pelayanan publik yang natobene pusat pemerintahan Nusa Penida agar terlihat familiar, Kantor Camat Nusa Penidapun di "hidup"kan mural garapannya. Sumadi berharap mural bisa diterima dihati masyarakat Nusa Penida, untuk mempercantik lingkungan bisa juga menjadi ajang selfie wisatawan apalagi jika dinding pasar Mentigi dimural dengan tema-tema berkaitan dengan bahari, ini akan lebih menarik, dinding pasar tidak mubasir dan menjadi dinding "mati" tanpa makna. *

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.