Memberikan Ruang Pada Anak Bermain Tradisional


siswa SD N 3 Batununggul asyik bermain permainan tradisional (foto/sjd)

BATUNUNGGUL, Perkembangan jaman permainan tradisional mulai ditinggalkan anak-anak. Permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak saat jeda aktfitas belajar atau saat waktu senggang. Sekarang permainan ini malah kalah bersaing dengan permainan konvensional yakni permianan yang disediakan gedget. Padahal permianan tradisional berdampak bagus bagi perkembangan anak-anak disamping mengajarkan mereka tentang kebersamaan.

Ada sekolah dasar yang masih terlihat anak-anak memainkan permainan tradisional, SD Negeri 3 Batununggul berlokasi sebelah timur pusat pemerintah kecamatan tepatnya di Kutapang.

Menurut Kepala Sekolah SD N 3 Batununggul, I Dewa Ketut Suarya mengatakan peserta didik kita memanfaatkan waktu istirahat dan masuk dalam agenda extrakurikuler permainan tradisional dimainkan. Tujuan tiada lain melestarikan permainan tradisional karena permianan tersebut sudah dimbang kepunahan.

Diakuinya permainan tradisional kurang manarik bagi anak-anak, dilema sat ini yang dihadapi permainan tradisional. Kita pihak sekolah menyikapi hal itu dengan memberikan ruang gerak pada anak permainan tradisional. Banyak sekali permainan tradisional bentuk, ada beberapa saja yang dimasukan antara lainya main batu atau anak-anak sering menyebutnya Cingklak, permaian beregu tiap daerah namanya berbeda ( bangbangan) dan permainan lainya.

" melalui permainan tradisional motorik anak-anak terekam jiwa kebersamaan, akraban, solidaritas, sportivitas dan dekat dengan lingkungan. Pada intinya filosofi permainan tradisional sangat baik bagi perkembangan anak sehingga patut mendapat apresiasi dan diberikan anak-anak ranah permainan tradisional," tutupnya.(*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.