Tekan Harga Beras Nusa Penida, Bupati Suwirta Luncurkan Beras Lokal Kepada BUMdes


penyerahan beras lokal Bupati Suwirta kepada perwakilan BUMdes di kantor Camat Nusa Penida (foto/sjd)

NUSA PENIDA, Harga kebutuhan pokok masyarkat Nusa Penida ada ketimbangan harga dengan Klungkung daratan  penyebabnya tiada lain biaya angkut menuju Nusa Penida. Stabilitas harga sembako terutama beras pihak pemerintah Kabupaten Klungkung melakukan terobosan dimana beras local yang langung disalurkan melalui BUMdes seluruh Nsa Penida.

“ beras local kualitas terbaik yang pertama kali distribusikan kepada masyarakat melalui masing-masing BUMdes yang disuplay langsung KUD Jaya Werdi Desa Takmung. Tiap BUMdesa menerima beras sebanyak 1 ton kecuali Jungutbau dan Lembongan. Setelah peluncuran beras local ini selanjutnya ada pertemuan lagi antara BUMdes dengan KUD Jaya Werdi terkait masalah ongkos angkutan. Ditekankan disni masalah harga berasa yangdokontribusikan kepada masyarakat dari harga yang diberikan 9.500 rupiah kemudian maksimal menjual margin 200 rupiah, “kata Ketut Suayadnya, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Klungkung, Jumat (26/5).

Pihaknya berharap kepada BUMdes koordinasi lebih lanjut mengenai penyaluran distribusi sebagaimana mekanisme nanti.

Sementara Bupati Suwirta meminta kepada BUMdes memaksimalkan beras lokal dengan kualitas terjamin dan terbaik kepada masyarakat. Kita membeli dari petani harga mahal menjual kepada masyarakat harga murah tentu dengan subsidi.

Masalah kesenjangan harga di kepulaun Nusa Penida dengan Klungkung daratan tidak merata. Inflasi yang terlalu timpang harus dikendalikan akumulasi yang tinggi bisa ditekan dengan adanya Kapal Roro dan kapal LCT (tongkang). Berbagai masalah yang terjadi saya tetap menyarankan program ini dijalankan. Beras lokal distribusikan kepada PNS kan tidak adil bila mana masyarakat tidak menikmati beras ini. Melihat animo masyarakat melilih beras lokal tanpa pengawet dan masih ada kulit arinya disana kandungan vitamin. “ Saya tidak membiarkan menjual di mini market, dinikmati PNS, masyarakat kita termasuk masyarakat umumnya juga ambil bagian, “tuturnya Bupati asal Ceningan.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.