Konser Musik Klasik : Pembentukan Kepribadian & Karakter




Photo credit: Phalayasa Sukmakarsa

GIANYAR, Music klasik salah satu genre music sudah hadir dan diperkenalkan di Indonesia mulai tahun 1950-an.  Sebagian penikmat, genre ini hanya kalangan tertentu saja. 

Duduk, dengar, menikmati alunan musik yang disuguhkan. Tepuk tangan penonton setiap lagu berakhir meriahkan  konser. 

Musik klasik sejatinya yang turut berperan dalam perkembangannya di Indonesia antara lain  Ananda Sukarian, Trusutji Kamal, termasuk juga Addie MS, serta masih banyak lagi. Napak tilas jauh sebelum Indonesia merdeka, musik klasik telah hadir di Nusantara melalui pemusik asing yang datang ke Jakarta (dulunya Batavia).

Acara konser music klasik berlangsung di Bentara Budaya Bali bekerjasama dengan Amabile Music Studio berlangsung selama dua hari bertajuk A Tribute To Indonesia Composer.  Acara ini menghadirkan komposer dan pemusik antara lain Aning Katamsi, Budi Utomo Prabowo lebih dikenal Tommy), Aisha Sudiarso Pletsher, Joseph Kristanto Pantioso, Ratna Ansyari Katamsi dan ketidak ketinggalan penyanyi opera Heny Janawati.

Menurut Ketua Bentara Budaya Bali Walih Wicaksana mengatakan acara ini bertujuan dapat meningkatkan apresiasi dan kecintaan masyarakat luas terhadap music klasik, sekaligus juga sebuah upaya transfer of knowledge atau perluasan pengetahuan bagi generasi muda melalui serangkian kompetisi piano diikuti peserta dari berbagai kategori usia. Selain itu, Walih menututurkan peserta juga wajib memainkan satu karya composer dari Indonesia misalnya Levi Gunardi, Ananda Sukarlan & Mochtar Embut, “ terangnya, Minggu  (11/10) malam.

“ penyelenggraan acara ini peserta maupun public bisa memperoleh pengalaman menonton, mengikuti konser, masterclass atau kompetisi guna membentuk kepribadian dan karakter untuk lebih percaya diri, serta menambah wawasan bermusik, “ jelas Walih.

Konser musik klasik tidak hanya menyuguhkan music juga diadakan dialog yang bertindak sebagai narasumber antara lain Budi Utomo Prabowo dan Aisha Ariadna Pletscher natobane anggota Dewan Kesenian Jakarta. 

“ Senang rasanya menyaksikan pertunjukan konser musik klasik di Bentara Budaya Bali salah satu penyanyinya Heny Janawati adik kelasku saat di SMA 3 Denpasar. Dia telah menjelma menjadi penyanyi dahsyattt. Putrinya juga pemain biola yang top, “ ujar Kurator handal Wayan Jengki Sunarta di akun sosmed. 

Oleh : Santana Ja Dewa  
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.