Hari ini, NPF 2015 Dibuka Menteri Pariwisata RI


                                                        panggung NPF 2015

LEMBONGAN,Nusa Penida Festival 2015 di Lembongan, Nusa Penida 2 s/d 4 Oktober 2015 menggunakan 2 panggung. Satu Panggung berlokasi di dekat Jembatan Kuning yang menghubungkan Ceningan dengan Lembongan dan satu panggung di Batu Belek.
Panggung yang di jembatan kuning dipergunakan untuk tempat gong menabuh saat mengiringi tari rejang massal yang melibatkan penari 1000 orang pada tanggal 3 Oktober 2015.
Sedangkan panggung di Batu Belek adalah panggung utama yang akan digunakan sambutan pembukaan dan Penutupan Festival, live musik dan serangkaian pameran. Menariknya biasanya panggung menggunakan sambungan knockdown yang berupa besi dan perangkatnya, tetapi berbeda kedua panggung di Nusa Penida Festival 2015.
Kedua panggung tersebut beserta stand pameran menggunakan bahan alam yang berupa kayu, bambu dan daun kelapa. Kayu, bambu dan daun kelapa ditata apik sehingga tidak kalah dengan panggung pada umumnya. Malah terlihat lebih alami dan khas.
Ketika dikonfirmasi kepada panitia Nusa Penida Festival 2015 I Ketut Arjaya beralasan membuat panggung dengan knock down seperti itu kesulitan penyeberangan. "Penyeberangan panggung besi yang knock down sulit mengingat akses hanya menggunakan perahu. Tetapi ketika panggung denga bahan yang ada di sekitar sudah jadi malah memberi kesan lebih artistik karena menggunakan bahan alam.
Sehingga akan memberi kesan tersendiri bagi para pengunjung", ujar Ketut Arjaya yang juga perbekel Lembongan ini. Sementara itu pada stand pameran Photography malah lebih natural dan tidak biasa karena menggunakan ranting-ranting kayu yang ada di sekitar Lembongan.
Koordinator Photography I Komang Diktat mengatakan hal itu ia lakukan karena beberapa sebab. "Stand photography sebagai sebuah karya seni yang menampilkan berbagai sudut Nusa Penida dibuat agak berbeda dengan stand pameran pada umumnya.
Selain itu menghemat biaya, alasan lainnya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar tidak usah membeli", jelas Diktat yang sekaligus sebagai kurator Lomba Photography ini.


Nusa Penida Festival (NPF) 2015 secara resmi dibuka Jumat (2/10) hari ini pkl. 15.00 wita oleh  Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta pembukaan didampingi sejumlah SKPD & undangan lainnya. 

Oleh : Santana Ja Dewa & WS

                                           gambar yang lainya : 





 




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.