FNPF “ Lomba Cerdas Cermat & English Speech “ Mencetak SDM berkualitas







Nusa Penida (waklaba,blogspot.com) –

FNPF (Friends of the National Parks Foundation) menyelenggarakan Lomba cerdas Cermat tingkat SMP Serta English Speech  ( Pidati Bahasa Inggris ) tingkat SMA Se- Kecamatan Nusa Penida untuk memeperingati Hari Kemerdekaaan Indonesia yang ke-68.
Ruang rapat Camat Nusa Penida  berbeda dari biasanya. Biasanya, suasana hening yang terasa di lingkungan ruang rapat, tapi kali ini hingar bingar. Bahkan, kadang sorak sorai terdengar.
Ternyata, di ruangrapat camat ini ada perlombaan cerdas cermat & english speech. Peserta yang mengikuti cerdas cermat dari pelajar SMP se- Kecamatan Nusa Penida.
Perlombaan ini dibagi menjadi 9 dari lomba ini , juri pun memberikan tiga babak yakni bbak pertama 10 pertanyaan khusus masing groub, babak Kedua tentang koservasi alam dan tebak gambar burung & tumbuhan, serta pertanyaan rebutan.
“lomba ini berkali-kali diadakan, tapi kalia ini lebih peserta lebiha banyak dan bervariatif,” kata Sumarningsih, salah satu juri.
Hal luar biasa lagi, lomba cerdas cermat ini  tak ubahnya seperti lomba cerdas cermat tingkat kota. Ada bel dan bahkan dilengkapi lampu. Sorakan pendukung masing-masing menambah suasana semakin meriah.
Sementara itu, Pembina SMP I Nusa Penida  yang diwakili I Wayan Sitha mengungkapkan dengan lomba ini para siswa menggali potensi serta meningkatkan kemampuan siswa agar terus belajar dan belajar lagi untuk menjadi sang juara.
Sebelum lomba cerdas cermat dimulai terlebih dahulu diadakan lomba english speeech ( pidato bahasa inggris). Sorak sorai siswa terdengar menghebohkan mendukung groub masing-masing saat lomba cerdas cermat.  Ternyata, antusias pendukung sangat membludak.

 
Panitia Made Damaianto  menjelaskan, kegiatan itu tidak hanya bertujuan untuk mencari siswa berbakat dalam menggunakan bahasa Inggris, tapi juga untuk mengasah keberanian siswa tampil di depan banyak orang.
“Pesertanya, siswa SMK dan SMA,”ungkap Damai.
Hampir keseluruhan di antara mereka tidak ada yang menggunakan teks dalam berpidato. Tema yang dipilih ditentukan panitia, tentang koservasi alam Nusa Penida.
Salah satu pelajar SMA I Nusa Penida  yang menjadi peserta lomba Pidato, Ni Luh Putu Diah Semara Ratih mengaku tanding pidato bahasa inggris bukan semata untuk cari pemenang.
“Sebenarnya masih belum bisa, namun harus berani mencoba,”timpalnya.
Sementara, di lokasi yang lain perlobaaan melukis yang diikuti belasan siswa SMA dan SMK se- kecamatan Nusa Penida berlangung lancar, tampak sejumlah pelajar yang terdiri dari kelas 11dan 12  tersebut serius mengikuti perlombaan meskipun dinilai hadiah yang mereka dapatkan tidak terlalau banyak.

Oleh : Santana Ja Dewa 






Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.