Nasi Kawit Nasi Jinggonya Nusa Penida




Batununggul (waklaba.blogspot.com)

Liburan ke Nusa Penida sudah pasti dipenuhi dengan rencana untuk bertirta yatra , wisata alam & kuliner, khususnya makanan khas Nusa Penida . Salah satu makanan yang sedang incar selain ledok adalah nasi kawit.

Nasi kawit adalah makanan khas Nusa Penida yang serupa dengan nasi jinggo, namun lauk disediakan sangat berbeda, umumnya adalah mie goreng, sambal, serundeng, dan ayam yang disuwir-suwir pedas. Namun nasi kawit dapat ditambahkan dengan telur, ikan tongkol, dan tahu serta sambalnya yang khas. Sama seperti nasi jinggo, porsi nasi jenggo sangat sedikit dan harganya murah (umumnya Rp. 3000,- sampai Rp. 5000,-), sehingga nasi kawit dapat mengenyangkan perut.

Bagi pelancong , belum pernah makan nasi kawit, kurang pas kalau berlibur ke Nusa Penida tidak makan nasi kawit , makanya begitu penasaran kenapa nasi ini begitu terkenal. Lokasinya langsung meluncur ke Jalan Nusa Indah gang kawit di Mentigi, Nusa Pendida. Tempat usaha masuk gang rumah paling ujung utara dari jalan raya, di luar ekspektasi pelancong.

Ni Wayan Widiani pengelola nasi kawit mengatakan ,usaha ini dirintis oleh Ibu saya sudah cukup lama.
"Ya saya harapkan, usaha nasi kawit ke depan selain dikenal bukan hanya ledok sebagai wisata kuliner teropuler di Nusa Penida," ucapnya.

“ Ia juga berkomitmen untuk memperkenalkan kuliner khas nasi kawit agar lebih dikenal dan dicintai masyarakat Nusa Penida dan para pelancong yang berlibur ke Nusa Penida “, tuturnya Widiani.


Oleh : Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.