LPD Batununggul Memberikan Layanan Cepat


Nusa Penida (waklaba.blogspot.com) –
Kunci keberhasilan LPD dalam menggaet dana nasabah dalam bentuk tabungan atau menyalurkan kredit adalah dengan pelayanan yang cepat kepada nasabah. Hal tersebut diungkapkan Kepala LPD Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul, I Dewa Made Suardita, Kamis (13/6) kamarin .
Diungkapkan, nasabah LPD sudah jelas merupakan bagian dari masyarakat desa pakraman. Pengelola LPD sudah mengetahui dan memahami secara jelas karakter masyarakat desa adat selaku nasabah. Berdasarkan hal ini, LPD bisa mempercepat proses penyaluran kredit kepada nasabah yang layak.

Demikian halnya dalam menerima tabungan maupun deposito, kalau di bank umum, nasabah antre berlama-lama, maka di LPD bisa lebih cepat melayani nasabah jenis ini. Hal ini sekaligus sebagai kelebihan LPD untuk mengaet nasabah tabungan dengan memberikan layanan yang cepat.
Bank, umumnya memerlukan proses analisa dan administrasi kredit yang memerlukan waktu sampai satu minggu. Sementara dicontohkan penyaluran kredit di LPD Batununggul hanya membutuhkan waktu satu hari, kredit bisa keluar di bawah Rp 10 juta. Hal ini bisa dilakukan dengan memahami karakter masyarakat yang menjadi nasabah LPD.
Pelayanan kepada nasabah tidak hanya bisa mengandalkan tenaga kasir di bagian angsuran dan tabungan. Ketika nasabah LPD sedang ramai, karyawan LPD yang lain sudah diarahkan membantu mempercepat pelayanan di antaranya dengan membantu dari sisi administrasi.
“Jadi tidak tidak boleh ada pemandangan antrean nasabah di LPD jika ingin memberikan pelayanan yang cepat,” ucapnya.

Menurutnya, program layanan cepat ini sering disampaikan menajemen LPD kepada masyarakat dalam kegiatan rapat desa. Program ini dijadikan unggulan sehingga makin menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan lembaga keuangan miliki desa pakraman ada ini.

Diakuinya terkait perekrutan karyawan, LPD Desa Batununggul sudah melakukan proses seleksi. Selain memiliki kemampuan teknis di bidang akutansi dan kuangan, karyawan LPD ini tuntut memiliki sikap mental yang jujur.

Kesalahan teknis dalam proses administrasi masih bisa dibantu untuk diselesaikan. Hanya saja, karyawan LPD diarahkan tidak merugikan LPD dengan menyalahgunakan uang nasabah.

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.