Yayasan Nusa Penida “ Baksos aksi bersih Pantai & Mengajak masyarakat Perangi Sampah Plastik “

 poto by: gunawan 

Nusa Penida (waklaba.blogspot)

Yayasan Nusa Penida terus mengadakan kegiatan yang bersifat yakni bakti sosial ( baksos ) membersihkan pantai dari kepungan sampah. Kali ini Yayasan Nusa Penida  kembali mengadakan kegiatan yang bersifat social dalam tema “ Implementasi Bali Clean & Green Melalui Beach Clean Up” Ped. Sekitar lebih dari  50  orang peserta & anggota Yasasan Nusa Penida memulai kegiatan membersihkan pantai dari sampah mulai jam 9  pagi hingga menjelang terik matahari. Kegiatan ini melibatkan Sekaha Teruna Se- Nusa Penida yang diwakili beberapa orang dari sekaha Teruna masing-masing Desa Pakraman yang ada di Nusa Penida. Bakti Sosial ini di mulai dari pantai Banjarnyuh sampai Pantai Pura Penataran Ped , terbagi 4 kelompok.
Ketua Panitia Wayan Sukadana  mengungkapkan kegiatan yang bersifat social akan terus dilakukan Yasasan Nusa Penida  kedepannya agar semakin memupuk jiwa social masyarakat dan Sekaha Teruan agar semakin peduli dengan alam serta memerangi sampah plastik. Mengapresiasi kegiatan ini sebagai contoh kontribusi langsung sekaha teruan terhadap daerah Nusa Penida tercinta.

Nusa Penida  sebagai salah satu Kecamatan di Kabupaten Klungkung didukung dengan berbagai macam sumber daya alam yang ada memiliki banyak sekali potensi wisata. Salah satu potensi wisata pantai. Garis pantai pesisir Nusa Penida  merupakan salah satu objek wisata pantai yang tidak kalah menarik . Namun seiring perkembangan masalah klasik “ sampah” juga diiringi dengan berkurangnya kepedulian masyarakatterhadapa sampah. Kondisi lingkungan di sekitar pesisir pantai sedikit memprihatinkan dengan berserakannya sampah-sampah sisa aktivitas warga pantai maupun penduduk sekitar meskipun tidak sepenuhnya akibat ulah manusia, dimana faktor alam juga berpengaruh pada kondisi lingkungan di sekitar pantai pesisir utara Nusa Penda” ujarnya Sukadana.


“ Melihat situasi dan kondisi tersebut kami, sekaha teruna se- Nusa Penida yang tergabung di Yasasan Nusa Penida  beserta pihak-pihak lain yang turut berpartisipasi menjadikan kegiatan "Bakti Sosial Bersih Pantai " sebagai salah satu program kerja yang sesegera mungkin dapat terealisasi sehingga dapat menunjukkan kontribusi sebagai wujud nyata dalam upaya mendukung lingkungan dan keberlangsungan ekosistem pantai Nusa Penida guna turut meningkatkan potensi wisata pantai. memberikan teladan pada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Dan ketiga menjadikan pantai terlihat bersih dan nyaman untuk dikunjungi.
” tegasnya.


Ni Kadek Candra Dewi peserta dari sekaha teruna Desa Pakraman Sebinibus mengatakan kegiatan bersih pantai di kalangan sekaha teruna sebagai wujud peduli terhadap lingkungan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang bahayanya sampah plastic serta meningkatkan kegiatan yang kreatif dan inovatif ini untuk tujuan bersama.

Sementara  I Kadek Sugiartha peserta dari ST Eka Putra , Batumulapan bakti social kegiatan bakti sosial ini diharapkan, adanya informasi dan kesadaran dari masyarakat tentang pengelolaan sampah, adanya himbauan tentang larangan membuang sampah di pantai. Selain itu juga diharapkan adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar pantai tersebut dan diharapkan pula sekaha teruna yang ikut kegiatan ini  yang mengikuti kegiatan ini bisa menjadi motivator lingkungan di lingkunga mereka, dapat mengajak semua orang untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan yang ada, “ ungkapnya.

Oleh : Santana Ja Dewa 





Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.