Pentolan Dokar Band Meninggal, Pengabenan 14 April Mendatang


alm. Arya Gendut

DENPASAR, Dokar Band terbentuk era melenium 2002 yang digagas tiga personil orang diantaranya Arya Gendut Vokal dan Gitar, Ian Basis dan Pande Suryawan drum. Setahun dibentuk mereka berkarya lewat album yang bertajuk Balinese Brutal Pop 2003 serta menghadirkan video klip Kliab Memitra, Meme dan Melayangan (bisa kita nikmati di Youtube).Dokar Band yang dimotori oleh Arya Gendut salah satu perintis musik Grunge Bali yang sebagian besar lagu-lagunya diciptakan olehnya. Seiring perjalanan band ini sempat ganti personil basis dari Ian ke Eddy.

Kabar menyesakkan dada pentolan Dokar Band Arya Gendut mehembuskan nafas terkahir pada tanggal 5 April lalu. Alm. Arya Gendut sempat dirawat di rumah sakit melawan sakitnya. Tapi kehendak Tuhan berkata lain, Alm. Arya Gendut meninggal istri istri Nurani Tris dengan dua anak Aditya dan Ayunda.

Kakak kandungnya Made Arya Dedok menyampaikan mengikhlaskan kepergian adiknya untuk selama-lamanya. Walalupun rasa ada yang kurang dikeluarga kehendak Yang Maha Kuasa tidak bisa dibendung. Sesuai rencana upacara Ngaben dilangsungkan 14 April 2017 di rumah duka jl Pulau Salawati 17 Denpasar di Setra Badung Denpasar Bali.

Perjalanan Arya Gendut sebagai musisi sebelumnya merupakan seniman. I Nyoman Arya Saktrisna nama lengkap Arya Gendut yang lahir 43 tahun silam tepatnya tanggal akhir Oktober. Kiprah dunia berkesenian terutama seni rupa salah satu alumni Sekolah Menengah Seni Rupa Bali (SMSR 1990-1994), namun karyanya selalu bisa kita nikmati di dunia. Putra ketiga dari lima bersaudara Agus Suprapta, Made Arya Dedok dan Tutde Arya Arya Sucitra dari bapak Jro Mangku Regeg dan Jro Mangku Siki.

Sejak kecil Arya Gendut bakatnya sudah menonjol dari temannya waktu sekolah dasar dan sering juara lukis kategori anak-anak yng diselenggarakan oleh Depdikbud Bali. Menempuh pendidikan SD No 12 Dauh Puri Denpasar, selain bakat melukis Arya Gendut juga berbakat memainkan musik yang dipelajari secara otodidak. Bakat seni yang tinggi yang mengikuti jejak sang Kakak Made Arya Dedok melanjutkan studi seni di SMSR Bali 1990.

Prestasi demi prestasi Arya raih diantaranya Juara Harapan Kedua Lukis Poster PSR Denpasar, 1991 Juara Kedua Lukis Poster PSR Denpasar, Juara Kedua Poster KB Tingkat I Bali, Juara 4 Logo dan Lukisan Terbaik Teuku Umar Denpasar, 1993 Juara Kedua Poster BKKBN Gianyar Bali, Juara Pertama Kartun SMSRN Bali, 1994 Juara Kedua Kartun SMSR Bali. Awal dari itu Arya mendapat Karya Terbaik Grafis Komunikasi dari SMSRN Bali juga mendapat beasiswa dari SMSR 1992-1994. sementara 2004 Juara Pertama Bodypainting di HDCI Bali dan 2005 Juara Bodypainting di Hard Rock Hotel Kuta Bali. Arya Gendut juga aktif berpameran bersama Pakarti sejak 1990 sampai 2008 di Jakarta, Jogja dan Bali. Berikut riwayan pemeran yang pernah diikuti tahun1996 Pameran Lukisan Ngulat Taksu di Museum Sidik Jari Denpasar, 1998 Pameran Lukisan Tri Arya di Sari Bali Interior Ubud Bali dan 1999 Pameran Lukisan Millenium Sanggar Dewata Indonesia di Neka Museum Ubud dan Nyoman Gunarsa Museum Klungkung Bali. (*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.