Pembangunan Akomodasi Pariwisata Menggeliat di Batumulapan


pembangunan penginapan beridir di samping jalan bentuknya sangat unit " Perahu " (foto/sjd)

NUSA PENIDA, Multi efek Festival berdampak menggeliat perkembangan pariwisata di kawasan Nusa Penida. Hal ini terlihat pembangunan akomodasi pariwisata beridiri berbagai tempat termasuk di Desa Batununggul. Bukan saja sebagai central pusat pemerintahan kecamatan dan bisnis, masyarakat sumringah menyambut kedatangan pariwisata. Desa Batununggul bagian timur tepatnya Dusun Batumulapan sepanjang jalan pembangunan telah Nampak sedang pengerjaan dan ada juga sudah beroperasi. Rumah makan, penginapan, bar dan lestaurant berdiri tegak menyambut tamu yang datang.


Laporan dilapangan proses pengerjaan akomodasi masih dikebut, Senin (10/4). Warga local tidak berdiam diri perkembangan pariwisata yang terjadi melainkan ikut berpartisipasi menikmati manisnya kue pariwisata dengan membangun usaha akomodasi pariwisata.


“ ada sesuatu yang kurang bila mana warga local tidak bisa berbuat banyak pada daerahnya ketika pariwisata menjadi sandaran penghidupan. Elok rasanya berpartisipasi didalamnya bukan hanya sekedar lewat, “ kata pemilik salah satu penginapan I Wayan Gria.


Ia berpendapat bagiamana warga local berbuat sesuatu pada perkembangan daerahnya. Kita butuh investor besar datang tapi setidaknya warga local juga ikut berkecimpung didalamnya.


Pemilik usaha yang sama I Kadek Wiranatha juga sependapat bahwa warga local harus berdiri sendiri ditanah kelahiaran dengan tetap meningkatkan kemampuan sumber daya sebagai daya ungkit menyambut kedatangan wisatawan. Varian bentuk penginapan Kadek Wiranatha beda dari lainya pengalaman bekerja di kapal pesiar terbelesit memmunculkan ide penginapan berbentuk perahu. “ ide muncul saja teringat masa saat masih berkerja di kapal pesiar. Curahan rasa kangen membuat penginapan berbentuk kapal, “tuturnya.

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.