Sampah Plastik Jadi Instalasi Seni " Monumen Bahaya Sampah Plastik"

monumen sampah kreasi Lempuyang Art (foto/sukarda)

KARANGASEM, Beda kaca mata perupa memperingati Hari Bumi, sampah polemik berkepanjangan tiada henti melanda baik kota maupun pedesaan. Komunitas seni rupa "Lempuyang Art" dan Yayasan Peduli Alam membuat instalasi seni dari sampah plastik.

" Sampah plastik dimasukan kebotol air mineral disusun rapi menyerupai bentuk botol. Pembentukan instalasi terbuat dari besi akan jadi display di pantai Jemeluk, Amed sebagai monumen peringatan bahaya sampah plastik, " I Gede Sukarda Perupa Lempuyang Art saat dikomfirmasi, Minggu (24/4).

Botol disusun dari botol plastik yang dipenuhi sampah plastik "Ecobricks". tinggi botol 3 meter dengan diameter 90 cm, habiskan botol plastik ecobricks 300 buah. Instalasi seni merupakan karya bersama Komunitas Lempuyang Art yang tentunya bekerja sama dengan Yayasan Peduli Alam, masyarakat Jemeluk dan Desa Pakraman Culik, Abang Karangasem.

Sukarda mengatakan ini melanjutkan program komunitas seni rupa Lempuyang yang kami usung dari 2007 "Inveronmental Art" seni untuk lingkungan, sosial masyarakat.

" Siswa sekolah dasar, masyarakat Banjar Lebah, Jemeluk dan tamu-tamu yang punya hotel dan dive, dari pantai Awed sampai Bunutan sampah plastik dikumpulkan. Sampah dapat didaur ulang baik plastik dan organiknya. Tapi, kami para perupa plastik pakai karya seni. Tentunya, dengan tujuan pendidikan untuk perupa, anak-anak dan masyarakat. Sudah saatnya melakukan tindakan mencintai bumi, karena rumah kita bumi kotor akan mengancam kelangsungan hidup makhluk bumi. Cinta manusialah yang akan mnyelamatkan bumi, " bebernya.

Menurut Ketua Yayasan Peduli Alam Haike De Haan, instalasi ini monumen sebagai momentum menyadarkan masyarakat akan bahaya sampah terutama plastik. Kegiatan tidak hanya didarat, kita juga membersihkan terumbu karang dari sampah plastik, " terang Bule asal Jerman sudah lama menetap di Bunutan Abang, Karangasem. (*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.