Tranfortasi Nusa Penida Bagian Barat Terancam Putus


poto : Gede Tanjung
TERANCAM PUTUS--Jembatan Tukad Lanjang yang berada di Sebunibus, Desa Sakti Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, terancam putus. Pilar penyangga jembatan sudah retak serta ujung jembatan itu juga sudah rapuh. 

Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)
Jembatan Tukad Lanjang yang berada di Nusa Penida Bagian Barat tepatnya di Sebunibus, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, terancam putus. Kondisi tiang penyangga dan ujung jembatan itu sudah retak. Jembatan itu rusak karena sudah usur ( usia jembatan sudah tua).

Pantauan waklaba.blogspot.com, Jumat (6/8/2013), sisi ujung jembatan bagian selatan sudah sudah longsor, sebab kontruksinya sudah tua ditambah lagi sekarang di lalaui truk angkut material yang bisa mencapai 8 ton . Hal itu juga terjadi pada tiang penyangga bagian tengah . Tiang penyangga tengah jembatan itu juga retak serta rapuh bahkan kelihatan rangka besinya..

Gede Tanjung (38) warga setempat, mengatakan jembatan tersebut merupakan jalur penghubung antara Desa Sakti dengan beberapa desa bagian barat Nusa Penida yakni Desa Bunga Mekar , Desa Klumpu, Desa Batumadeg Serta Desa Ped bagian selatan. Jembatan ini dibangun pada tahun 1974, bila jembatan itu putus, warga 5 Desa yang tinggal harus memutar arah membutuhkan waktu cukup lama ,” kata dia saat ditemui, Rabu (4/9/2013).




 Poros bagian tengah retak 
Gede  khawatir ambrolnya fondasi itu membahayakan kendaraan roda empat yang melintasi jembatan itu. Sehingga menghindari kejadian yang tidak diinginkan.. Padahal jembatan ini menjadi akses utama bagi warga desa. “ bila putus  warga dapat memanfaatkan jalur lain, tapi harus memutar hingga beberapa kilometer. Pihaknya Pemkab segera memeperbaiki jembatan ini,” ujarnya.


selayaknya jembatan itu di ganti, karena saya yakin setrukturnya sudah ketinggalan jaman apalagi pembesiannya kurang jelas betonnya diragukan, &  sudah tua, apa lagi sekarang di lalui truk angkut material yang bisa cai 8 ton, sy yakin dulu waktu bikinnya struktur nya tidak terpikirkan menopang beban 8 sampai 10 ton karena hanya ada mobil colt aja di Nusa Penida.




bagian selatan jembatan longsor/ambruk

Sementara Tokoh masyarakat Nusa Penida Ketut Pesta (49), mengakui kondisi Jembatan Tukad Lanjang mengkhawatirkan jika dilintasi kendaraan roda empat. Kondisinya sudah cukup parah dan pengguna jalan harus ekstra berhati-hati saat melintas agar tidak membahayakan “,” jelasnya ditemui di rumahnya di Banjar manteb Sebinibus, Rabu (4/9/2013).
Dikemukakan  Ketut Pesta, menilai jembatan Tukad Lanjang sudah kritis dan mendesak diperbaiki. Dengan pertimbangan manfaatnya, dia berharap penanganan jembatan diprioritaskan Pemkab. Saat ini jembatan masih bisa dimanfaatkan untuk lalu-lalang kendaraan, tegasnya Ketut Pesta. 

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.