Terumbu karang di nusa Penida tak kalah dengan raja Ampat


                                                poto by : google

Nusa penida (waklaba.blogspot.com)
Bunaken dan Raja Ampat merupakan destianasi menyelam terkenal di indonesia. Padahal tempat yang lainya tak kalah bagusnya masih menyimpan destiansi yang sama yakni di nusa penida.Hal itu di sampaikan Ketua Kawasan Koservasi Perairan (KKP) Nusa Penida I Made Sudra, Senin (16/9/2013).
Menurut I Made Sudra Nusa Penida merupakan kawasan pariwisata yang potensial untuk dikunjungi . Kawasan Koservasi Perairan yang tersebar hampir di seluruh perairan pulau, didukung air yang jernih dan bersih menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Jika menyelam di tempat ini akan menemukan beberapa spesies khas Nusa Penida, seperti ikan duging, hiu sirip putih, pari manta, dan ikan mola-mola, “ tendasnya .
Jika habitat terumbu karang tidak diusik maka fungsinya akan optimal dan produksi ikan karang akan dapat dipanen secara berkesinambungan dan memberi keuntungan secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat setempat di seluruh Indonesia untuk masa kini dan masa yang akan datang sejalan pembangunan nasional.

Diharapkan kesadaran masyarakat sangat diperlukan, khususnya pengusaha untuk lebih peduli dengan kelestarian terumbu karang dan berbagai ekosistem laut lainnya. Selain keindahan bawah laut dengan keragaman hayati, juga terdapat ikan mola-mola yang kini menjadi favorit penyelam dunia. Ikan itu muncul setiap Juli-September yang kini jadi ikon Nusa Penida. ''Saya punya perhatian besar dalam hal penyelamatan lingkungan, “ ujar UPT Dinas Peternakan Perikanan Dan Kelautan Nusa Penida I I Putu Suastawan.
“ Pengelolaan terumbu karang secara lestari dan berkembang sangat penting, artinya ekosistem terumbu karang yang sangat produktif dapat mendukung kehidupan nelayan setempat,” ungkapnya Suastawan.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.