Batumulapan Gelar Upacara Ngaben Massal “ Bade diarak di pantai “




Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Warga Dalem Benculuk Tegeh Kori  Banjar Gede Desa Pakraman Batumulapan,  Kecamatan Nusa Penida , Klungkung menggelar upacara ngaben massal (17/9/2013) Selasa tadi.   Kegiatan ini yang digelar secara periodik lima tahunan tersebut untuk  meningkatkan rasa kebersamaan, biaya lebih efisien dan tidak mengurangi esensi dan makna upacara.



 bade diarak di pantai di Batumulapan 
Ketua Panitia ngaben masal, I Wayan Sueca mengungkapkan, jumlah sawa yang di aben sebanyak 31 sawa. Kepada warga yang mengikuti biaya ngaben masal ini telah disepakati masing-masing Rp 10 juta untuk satu sawa sementara warga yang tidak punya sawa dikenakan iuran sebanyak 200ribu. Yang unik dari ngaben masasal ini. Warga pesemetonan berjumlah 120 , warga  pengareb sebanyak 40 sisanya perantuan baik di Bali daratan maupun luar Bali. Ketika bade diarak di pantai menambah daya tarik tersendiri. Beruntung air laut dangkal , menjadikan kemudahan untuk mengarak bade.  

tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mengurangi beban masyarakat serta untuk membangkitkan semangat kebersamaan dan gotong royong,” katanya Sueca.

Apresiasi yang positif terhadap pelaksanaan kegiatan ngaben masal ini. kegiatan seperti ini bisa terus berkelanjutan serta saling mendukung mengedepankan rasa gotong royong dan saling memiliki tetap di jaga. “Dengan begitu rasa menyama braya berjalan dengan serasi,”ujarnya Bendesa Pakraman Batumulapan I Gede Agus Wahyudi.


 Wahyudi  berharap, semangat kebersamaan dan gotong royong agar terus dipupuk dari generasi ke generasi, maklum zaman globalisasi sangat menggerus budaya .

Sementara tokoh masyarakat setempat Mangku Wayan Sugianta mengungkapkan kegiatan ngaben massal yang belakangan mulai marak digelar sangat positif dalam situasi global yang berkembang belakangan ini. "Kegiatan ini saya nilai akan mampu mempererat ikatan sosial ekonomi krama," imbuhnya.


Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.