Pengerajin Minta Pasang papan Nama Di Kerta Gosa

pengerajin keris di Kusamba (foto/dekranasdaklk)

DAWAN, Jero Mangku Ketut Mudra Pengerajin Keris Asal Kusamba Minta Diijinkan Pasang Papan Nama Depan Kertha Gosa.“Keris yang kami produksi diminati berbagai Negara, seperti Amerika dan Jerman. Para kolektor keris mancanegara ini ini tertarik keris saya dari pamor, keunikan bentuk , kualitas bahan dan teknik pengerjaan”, jelas Jero Mangku Ketut Mudra.
Jero Mangku Ketut Mudra menambahkan, selain peminat luar negeri, keris hasil karyanya juga telah dikoleksi diberbagai kalangan. Sebut saja Museum Suteja Neka di Ubud yang khusus memajang berbagai jenis keris, juga mengkoleksi hasil karyanya. Para kolektor ini telah tahu tentang kualitas keris hasil karya Jero Mengku Ketut Mudra. Hal itu disampaikan Jero Mangku Mudra ketika ditemui di rumahnya di Jl. Raya Kusamba Senin, 14/3/2016 kemarin.

Lebih lanjut pengerajin Keris yang mendapat ilmu membuat keris secara turun temurun menuturkan bahwa keris tidak saja sebagai benda yang bernilai seni. Tetapi menurut lelaki 64 tahun yang telah membuat keris selama 26 tahun keris mengatakan keris berfungsi untuk berbagai hal seperti sebagai sebagai benda spiritual, budaya, penjaga diri dan pengobatan. Kendala yang dihadapi Jero Mangku Ketut Mudra adalah promosi yang masih minim.

“Promosi masih sedikit. Kalau diperbolehkan oleh Pemerintah Klungkung di depan Kertha Gosa Klungkung saya memajang papan nama sehingga para pengunjung kesana bisa melihat dan tertarik hasil karya saya. Karena selama ini saya sering diajak pameran tidak bisa mengikuti karena kalau pameran hasil memajang banyak keris dan itu banyak membutuhkan modal”, paparnya.

I Wayan Sukadana Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang ikut berkunjung ke tempat pembuatan keris Jero Mangku Ketut Mudra mengatakan bahwa Dekranasda yang menaungi para pengerajin termasuk Jero Mangku Ketut Mudra akan difasilitasi pihak terkait agar diberi ruang yang untuk berpromosi.

“Kami akan memfasilitasi keinginan para pengerajin termasuk Jero Mangku Ketut Mudra untuk berpromosi di Kertha Gosa dengan pihak pemerintah. Hanya saja cara promosi hasil kerajinan tidak terbatas pada pameran dan pasang papan nama saja. Tetapi lebih dari itu promosi dengan media di internet, penulisan buku dan Video jauh lebih efektif. Kami kesini ke tempat Jero Mangku dalam rangkaian membuat artikel pengerajin yang akan dipajang diwebsite, membuat buku dan Video. Terlebih ide Bapak Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dengan konsep City Tour, Pamaeran Dagang Apri 2016 mendatang dan pemasangan LED diharapkan mampu mendongkrak penjualan pengerajin”, pungkas Sukadana.

Oleh : Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.