miris, Coral Kena Penyakit “ Pemutihan “

kondisi coral  makin parah di Bali (foto/welly)

NUSA PENIDA, Terumbu karang menjadi adalan wisata bahari di Bali, keberadaan miris pemicu tiada lain perubahan suhu air laut. Pemutihan karang (coral bleaching) adalah sebuah penyakit coral melanda akhir-akhir ini.

Coral Triangle Center bersama dengan beberapa orang volunteer dari Living Seas melakukan monitoring terhadap kejadian pemutihan karang ( coral bleaching event) akibat naiknya suhu air laut di Nusa Penida dan Sanur. Monitoring ini sebagai respon atas pemberitahuan peringatan (alert) dari satelit NOAA/NESDIS. Dari hasil monitoring dijumpai kejadian coral bleaching di lokasi Jeladi Willis (Sanur) dan Lembongan bay (Nusa Lembongan) pada kedalaman 4 - 6 meter. Namun tidak dijumpai kejadian coral bleaching di Crystal Bay (Nusa Penida).

" Umumnya karang yang mengalami pemutihan dari jenis Montipora (bentuk encrusting dan foliose), Porites (bentuk massive dan branching), Seriatopora (branching), Goniopora (massive), Pectinia (foliose) dan sedikit dari family Faviid (massive), " kata Marthen Welly Coral Triangle Center, Sabtu.


Di Lembongan bay, karang yang mengalami pemutihan sekitar 25 - 30%, sedangkan di Jeladi Willis berkisar 5-10% dari 520 meter panjang transect pengamatan. Diduga kejadian coral bleaching ini juga terjadi di tempat lain di pulau Bali, bahkan Indonesia. Untuk itu diperlukan partisipasi para penyelam, peneliti dan stakeholder lainnya untuk melaporkan kepada BPSPL Denpasar atau Dinas Kelautan dan Perikanan setempat jika dijumpai kejadian pemutihan karang secara masal. 

Data yang dikumpulkan akan sangat penting untuk melihat sebaran kejadian pemutihan karang dan mengetahui tingkat ketangguhan terumbu karang (resilience) di wilayah tersebut agar dapat dikelola dengan lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan dan pelaku wisata bahari. (*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.